b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Penggunaan Nama Prosesor Intel® Gaming

Penggunaan Nama Prosesor Intel® Gaming

Nama prosesor Intel® merupakan alat referensi berguna saat memilih CPU yang tepat untuk segala aplikasi, termasuk gaming. Untuk penjelasan lebih mendalam tentang cara memilih CPU dengan tingkat performa, kompatibilitas, dan fitur yang tepat, baca panduan kami tentang cara memilih CPU untuk gaming.

Memahami nama prosesor Intel® dapat membantu Anda mengidentifikasi prosesor laptop dan desktop gaming yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gaming dan streaming Anda.

Nama prosesor Intel® bermanfaat saat memilih CPU untuk gaming. Bayangkan nama itu sebagai kunci untuk memahami atribut prosesor tertentu. Nama CPU Intel® berisi informasi tentang kemampuan CPU, termasuk performa, rangkaian fitur, dan tujuan penggunaan,.sehingga dengan cepat membantu mengidentifikasi CPU yang tepat untuk game Anda.1 2 3

Penjelasan Nama CPU Gaming Intel®

Semua CPU di dalam generasi yang sama akan mengikuti struktur penamaan yang sama. Banyak konvensi penamaan yang dibawa ke generasi selanjutnya, dengan variasi periodik seiring produk baru diperkenalkan dan produk lama dihentikan produksinya.

Berikut cara kerja penamaan prosesor gaming Intel®. Aturan umumnya adalah, diawali dengan merek, diikuti keluarga prosesor, kemudian nomor SKU — yang juga berisi nomor generasi prosesor — dan terakhir, di beberapa kasus, sufiks rangkaian produk.

Intel Core i9-13900K

Mari kita gunakan prosesor Intel® Core™ i9-13900K sebagai contoh:

Merek: Intel® Core™

Keluarga Prosesor: i9

SKU: 13900

Angka pertama atau kedua di SKU, dalam hal ini 13, menandakan nomor generasi.

Angka yang mengikuti nomor generasi — 900 — merupakan nomor prosesor.

Rangkaian produk: K

Huruf di akhir SKU menandakan prosesor merupakan bagian dari suatu seri — dalam hal ini seri K, menandakan prosesor gaming tidak terkunci yang dapat di-overclock.

Memahami Arti Nama CPU Gaming Intel®

Setelah memahami dasar-dasarnya, mari kita pelajari setiap elemen nama prosesor gaming Intel® secara mendetail.

Intel Core i9-13900K - merek

Merek menandakan jenis aplikasi apa yang ditujukan untuk penggunaan prosesor tersebut. Beberapa merek yang saat ini diproduksi mencakup prosesor Intel® Xeon®, Intel® Core™, Pentium®, dan Celeron®

Prosesor Intel® Core™ ideal untuk mengelola 3D, video tingkat lanjut, editing foto, dan bermain game yang rumit, serta menikmati tampilan 4K.

Rangkaian Prosesor Gaming

Intel Core i9-13900K 

Intel® Core™ adalah merek yang memiliki beragam CPU dengan serangkaian fitur dan kemampuan. Rangkaian prosesor menunjukkan performa relatif. Merek memiliki 4 tingkatan:

  • Prosesor Intel® Core™ i3, untuk performa game level pemula
  • Prosesor Intel® Core™ i5, untuk performa game level menengah
  • Prosesor Intel® Core™ i7 untuk performa game level tinggi
  • Prosesor Intel® Core™ i9, untuk performa game level tertinggi

Tingkat yang lebih tinggi mungkin memiliki frekuensi maksimum (GHz) lebih tinggi untuk tugas core tunggal — misalnya, memberikan frame rate tinggi saat gaming. Mereka juga mungkin memiliki jumlah core lebih banyak, ukuran cache lebih besar, dan rangkaian fitur yang lebih lengkap, seperti Intel® Hyper-Threading Technology (Intel® HT Technology), yang memungkinkan CPU Anda mengumpulkan sumber daya mereka untuk meningkatkan performa pada satu core.

Misalnya:

Prosesor desktop Intel® Core™ i5-13600K Generasi ke-13 memiliki:

Frekuensi maks P-core hingga 5,1 GHz

14 inti dan 20 thread

Prosesor desktop Intel® Core™ i5-12600K Generasi ke-12 memiliki:

Frekuensi maksimal hingga 4,90 GHz

10 inti dan 16 thread

Generasi Prosesor Gaming

Intel Core i9-13900K 

Pada tahun 2010, Intel merilis generasi pertama prosesor Intel® Core™. Sejak 2022, prosesor Intel® Core™ bertransisi dari generasi ke-12 ke generasi ke-13. Model baru cenderung memiliki fitur baru. Misalnya:

Prosesor desktop Intel® Core™ i7 Generasi ke-10 memiliki:

Frekuensi maksimal hingga 5,10 GHz

8/16 core/thread

Ukuran cache 16 MB

Prosesor desktop Intel® Core™ i7 Generasi ke-11 memiliki:

Frekuensi maksimum hingga 4,90 GHz

8/16 core/thread

Ukuran cache 16 MB

Prosesor desktop Intel® Core™ i7 Generasi ke-12 memiliki:

Frekuensi maksimum hingga 5,00 GHz

12/20 inti/thread

Ukuran cache 25 MB

Prosesor desktop Intel® Core™ i7 Generasi ke-13 memiliki:

Frekuensi maks P-core hingga 5,3 GHz

16/24 inti/thread

Ukuran cache 30 MB

Selain itu, perubahan generasi dapat membawa fitur baru, seperti kompatibilitas dengan teknologi terbaru.

Nomor Prosesor Gaming

Intel Core i9-13900K - digit numerik SKU

Nomor prosesor, yang tertera setelah nomor generasi, berfungsi membedakan fitur dalam rangkaian prosesor, termasuk kecepatan clock dasar, frekuensi maks., ukuran cache, jumlah core/thread, dukungan memori, dan masih banyak lagi. Nomor tersebut tidak disamakan dengan keluarga prosesor lain.

Prosesor Intel® Core™ i5-8400 memiliki:

Frekuensi maksimum hingga 4,00 GHz

6/6 core/thread

ukuran cache 9 MB

Prosesor Intel® Core™ i5-8600K memiliki:

Frekuensi maksimum hingga 4,30 GHz

6/6 core/thread

ukuran cache 9 MB

Prosesor Intel® Core™ i7-8700 memiliki:

Frekuensi maksimum hingga 4,60 GHz

6/12 core/thread

ukuran cache 12 MB

Sufiks Seri Prosesor Gaming

Intel Core i9-13900K - akhiran

Sementara keluarga dan generasi menandakan tingkat performa core suatu CPU, kapabilitas dan spesifikasinya dijelaskan lebih lanjut oleh nama seri CPU Intel®. Seri CPU — ditunjukkan dengan sufiks seri di akhir nama CPU — menandakan prosesor tersebut dirancang khusus untuk tipe sistem apa. Sufiks, atau tidak adanya sufiks, menandakan apakah CPU dirancang untuk desktop, laptop, perangkat seluler, dan seterusnya.

Sufiks berikut umumnya menandakan CPU yang dapat dipertimbangkan untuk tujuan gaming:

Tanpa sufiks, atau S

CPU yang tidak memiliki sufiks, atau dengan sufiks S, merupakan bagian dari seri S. Prosesor tersebut dibuat untuk desktop, dan menawarkan beragam pilihan untuk berbagai anggaran dan kebutuhan.

H

CPU dengan akhiran H adalah seri H, seri prosesor mobile yang canggih4 untuk laptop.5 Mereka yang mencari CPU yang bagus untuk gaming perlu untuk mengetahui beberapa akhiran lainnya.

K

Sufiks K menandakan prosesor desktop tidak terkunci yang memungkinkan overclocking, sedangkan sufiks "HK" (H+K) menandakan prosesor laptop tidak terkunci berdaya tinggi yang memungkinkan overclocking. Overclocking memungkinkan Anda mencapai potensi performa CPU melampaui spesifikasi dengan menyetel nilai sistem penting.

F

Sufiks F menandakan CPU tidak memiliki grafis terintegrasi. Mereka harus dipasangkan dengan kartu grafis tersendiri.

G

Sufiks G menandakan CPU dengan grafis terintegrasi tambahan. Misalnya, prosesor Intel® Core™ i7-8809G di Intel® NUC NUC8i7HVK memiliki grafis Radeon™ RX Vega M GH.

X

Prosesor Intel® Core™ dengan akhiran X atau XE menunjukkan bahwa prosesor tersebut merupakan bagian dari Intel® Core™ seri X, lini yang dirancang untuk alur kerja pembuat konten tingkat lanjut.6 Prosesor tersebut memiliki jumlah inti yang tinggi untuk tuntutan performa yang paling ekstrem.7

sumber


Posting Komentar

Posting Komentar