b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Jenis-jenis keyboard

Jenis-jenis keyboard

Keyboard yang bisa ditemukan di pasaran. Jenis tersebut biasanya akan di bagi menjadi dua kelompok yaitu berdasarkan susunan huruf dan juga berdasarkan konektor yang digunakannya.

Berdasarkan Susunan Tombol

Keyboard Qwerty

Keyboard ini ditemukan oleh Scholes dengan format susunan seperti mesin ketik. Keyboard ini paling banyak digunakan sejak tahun 1905. Meskipun demikian, ada kelemahan yang bisa kita jumpai pada keyboard tipe ini yaitu beban tangan kiri akan lebih besar sekitar 56% ketimbang tangan kanan.

Keyboard DVORAK

Keyboard ini diperkenalkan pada tahun 1936 yang merupakan alternatif dari model keyword qwerty. Keyboard jenis ini diklaim lebih baik daripada model qwerty karena penggunaan tombol bisa disebar secara lebih merata sehingga kelelahan jari-jari tangan akan lebih banyak berkurang.

Namun dalam penggunaanya, keyboard ini tidak sepopuler model sebelumnya karena pengguna akan mulai belajar lagi untuk membiasakan model keyboard DVORAK ini.

Keyboard KLOKENBERG

Meskipun kurang populer, keyboard jenis ini di desain lebih menarik dan berbeda daripada model qwerty ataupun dvorak.

Jadi tombol bagian kiri dan kanan di pisah dengan kemiringan sudut 15% serta posisinya dibuat sedikit miring ke bawah. Meskipun lebih baik dalam hal fungsi, namun kekurangannya akan memakan lebih banyak ruang.

2. Berdasarkan Konektornya

Keyboard Serial

Keyboard jenis ini bisa terhubung dengan komputer menggunakan port serial dengan model DIN 5 male yang biasa kita jumpai pada komputer tipe AT.

Keyboard PS/2

Keyboard dengan konektor PS/2 model ini paling banyak digunakan pada komputer ATX. Namun dalam pemasangannya harus lebih hati-hati karena port yang dimiliki sama persis dengan port pada mouse.

Keyboard USB

Keyboard USB dirasa lebih multifungsi karena bisa digunakan di komputer maupun di laptop. Secara kinerja juga lebih cepat serta banyak digunakan pada komputer-komputer jenis terbaru.

Keyboard Wireless

Keyboard ini sama sekali tidak menggunakan kabel seperti generasi sebelumnya, melainkan sudah menggunakan bantuan bluetooth ataupun wifi.

Jadi yang diperlukan agar bisa berfungsi yaitu unit pemancar dari keyboard itu sendiri dan penerima yang dipasangkan pada port USB.

Cara Kerja Keyboard

Keyboard mempunyai perangkat prosesor sendiri yang berbeda dari komputer. Sistemnya bekerja secara internal untuk mengubah tekanan pada papan keyboard menjadi data kata.

Sebenarnya keyboard ini akan melalui 2 proses tahapan bagaimana mulai dari tombol itu di tekan hingga bisa muncul sebuah output. Tahapan yang bekerja di baliknya adalah :

1. Tahapan Key Matrix

Key matrix yakni suatu rangkaian kisi yang letaknya berada di bawah papan tombol keyboard. Pada setiap keyboard lazimnya mempunyai bagian berupa rangkaian terputus yang cara kerjanya serupa saklar. Jika tombol ditekan, maka rangkaian tersebut akan menyalurkan arus listrik hingga sampai pada sistem pengolahan internal keyboard.

Ketika kita sudah beberapa kali menekan tombol keyboard, sistem akan menginput sendiri masukan apa yang diketikkan pada papan. Jika sudah cukup lama digunakan, sistem pun akan mengenali tombol-tombol dan hasil olahan apa yang harus dikeluarkan. Key matrix ini menangkap dan mencatat input dari pengguna untuk diproses menghasilkan olahan digital.

2. Tahapan Rangkaian dalam Prosesor

Rangkaian tertutup itu akan tersambung ketika penekanan pada key matrix terjadi. Setelah itu, rangkaian lain yang ada di dalam prosesor keyboard melakukan proses pembandingan antara  lokasi dengan karakter yang datanya telah disimpan sebelumnya. Peta karakter itulah yang menjadi pedoman agar keyboard bisa mengeluarkan data sesuai dimaksudkan pengguna.

Susunan Tombol Keyboard

Sistem huruf pada keyboard yang sesuai ISO adalah menggunakan urutan QWERTY. Huruf-huruf tersebut diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, dengan penggolongan karakter dan angka.

Semantara komponen keyboard lainnya terdapat lampu indikator yang menjadi pertanda bahwa keyboard tersebut sudah berfungsi dengan baik. Nah, berikut ini formasi pengklasifikasian tombol pada keyboard.

1. Main Typing

Main typing terdiri atas papan yang berisikan huruf alfabetis dari A sampai Z dengan penyusunan QWERTY. Selain itu, ada pula angka dari 1 hingga 0, serta ada pula tanda baca yang akan digunakan sebagai input pada komputer.

2. Numeric Keypad

Numeric keypad meliputi tombol-tombol yang berupa angka serta pemindah kursor, umumnya didesain berada pada sebelah kanan main typing. Tombol ini pun hanya dapat difungsikan apabila fungsi numeric key diaktifkan.

3. Directional Keypad

Directional keypad terdiri atas tombol yang yang berfungsi sebagai navigasi serupa kursor. Ada empat tombol directional keypad, yaitu tanda panah kanan, kiri, atas, serta bawah. Pada PC laptop tombol ini jadi satu dengan special keys pgup, pgdown, home, dan end.

4. Modifier Keys dan Function Keys

Modifier keys terdiri dari kelompok tombol Shift, Alt, dan Ctrl. Ketika tombol ini berfungsi untuk memodifikasi kegunaan tombol lain agar menjalankan perintah tertentu. Adapun function keys terdiri atas tombol F1 sampai F12 yang difungsikan menjalankan perintah secara lebih cepat dan praktis.

5. Special Keys dan Windows Keys

Special keys terdiri atas tombol-tombol pgup, pgdown, home, end, insert, print screen, dan pause break. Sementara itu windows keys adalah tombol tunggal bergambar windows yang digunakan agar muncul menu dari windows.



berbagai sumber

Posting Komentar

Posting Komentar