b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Sejarah singkat Hari Cokelat Dunia

Hari Cokelat Dunia

Dunia memperingati Chocolate Day atau Hari Cokelat Dunia setiap 7 Juli. Hari Cokelat Dunia merupakan bentuk perayaan sekaligus penghargaan untuk penemuan kuliner terbesar dan terpopuler di dunia.

Hari Cokelat Dunia ini merupakan satu di antara banyak perayaan hari cokelat dari seluruh dunia. Data dari National Day Calendar menunjukkan terdapat lebih dari 1.500 hari cokelat nasional yang dirayakan di berbagai negara di dunia.

Sejarah cokelat ditandai pada 2.500 silam ketika Suku Aztec menemukan cokelat. Dikutip dari Days of The Year, Suku Aztec kala itu begitu menyukai cokelat cair sebagai bentuk penghormatan kepada dewa kebijaksanaan Quetzalcoatl atas anugerah biji kakao. 

Cokelat merupakan salah satu makanan tertua di dunia yang berasal dari biji kakao.

Dokumentasi sejarah mendapati biji kakao sudah diproses sejak 1.100 Sebelum Masehi. Biji kakao difermentasi untuk menghilangkan rasa pahit yang kuat sehingga mendapatkan rasa yang nikmat.

Dalam sejarahnya pula, biji kakao juga pernah menjadi mata uang atau alat tukar. Di masa tersebut, cokelat terasa pahit karena belum dicampur dengan gula atau susu.

Rasa cokelat berubah menjadi manis pada abad ke-16 di Eropa. Kala itu orang Eropa menggemari rasa manis. Cokelat saat itu masih dibuat secara rumahan.

Barulah pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, perusahaan cokelat mulai beroperasi. Seperti Cadbury yang dibuka di Inggris pada 1868. Lalu mengikuti, 25 tahun kemudian Milton S Hershey membuka pabrik di Chicago, Amerika Serikat. Hershey merupakan pencipta cokelat terbesar dan terkenal di dunia.

Cokelat pun menjadi semakin populer dan dikreasikan dengan berbagai makanan. Berbagai perayaan lantas bermunculan untuk merayakan hari cokelat.

Pada 2009, Hari Cokelat Dunia mulai diperingati setiap tanggal 7 Juli. Sejumlah referensi menyebutkan pada hari ini cokelat pertama kali diperkenalkan di Eropa ratusan tahun lalu.

World Chocolate Day dirayakan dengan berbagai hidangan cokelat di seluruh dunia. Anda juga bisa memeriahkan Hari Cokelat Dunia dengan mengonsumsi cokelat.

Studi menunjukkan cokelat murni baik untuk kesehatan jantung, memperkuat ingatan, memperbaiki suasana hati, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.


cnnindonesia.com/gaya-hidup

Posting Komentar

Posting Komentar