b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Apa itu Error 502 Bad Gateway

Apa itu Error 502 Bad Gateway

Ketika kita mengunjungi sebuah website, maka secara otomatis browser akan mengirimkan permintaan kamu ke server website. Server web tersebut menerima dan juga memproses permintaan kamu, kemudian mengirimkan kembali sumber yang kamu minta melalui browser tadi bersamaan dengan header HTTP dan kode status HTTP.

Biasanya kode status HTTP ini tidak terlihat kecuali jika website kita mengalami kesalahan. Kode ini berfungsi untuk memberitahumu bahwa ada sesuatu yang salah dan biasanya akan ditampilkan juga cara mendiagnosis kesalahannya.

Ada banyak jenis kode kesalahan yang diawali dengan angka “5” diantaranya kode 500, 501, 502, 504, 520 dan yang lainnya. Semua kode ini memiliki arti yang berbeda-beda. Secara umum bahwa permintaan tersebut diterima, namun server mencegah penerimaan itu. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai error 502 Bad Gateway.

Apabila kamu mendapatkan kode error 502 bad gateway ini, maka itu artinya server awal mengirimkan respon yang tidak valid ke server yang lainnya, yang dimana server ini bertugas sebagai gateway.

Karena permintaan pada web tersebut diteruskan melalui berbagai gateway lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi error ini? Perhatikan dibawah ini beberapa cara mengatasi error 502 bad gateway.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Error 502 bad gateway ini biasanya terjadi karena ada masalah dengan server. Akan tetapi, hal ini juga bisa terjadi karena ada kesalahan dari sisi yang lainnya misalnya dari sisi client. Maka dari itu, kami akan membahas hal ini dari kedua sisi tersebut. Termasuk penyebab umumnya.

Muat Ulang Halaman

Salah satu cara mudah dan pertama yang harus kamu coba ketika menghadapi error seperti ini adalah dengan menunggu satu menit atau lebih, lalu reload ulang halaman dengan cara menekan F5 atau Ctrl + F5.

Kenapa? karena terkadang error seperti ini terjadi karena host ataupun server kelebihan beban dan situs biasanya akan pulih kembali. Sambil menunggu, kamu bisa mencoba kembali menggunakan browser yang lainnya.

Bersihkan Cache Browser

Ketika kamu mengalami masalah error 502 bad gateway, kamu bisa menghapus semua cache browser terlebih dahulu. Baca artikel berikut tentang pentingnya menghapus cache browser.

Ada Masalah di DNS

Masalah error 502 bad gateway ini juga bisa terjadi karena adanya masalah pada DNS (Domain Name Server), seperti value pada alamat IP yang di-cache. Jika mengalami hal seperti itu, maka flush DNS bisa menjadi cara terbaik untuk dicoba.

Bagaimana cara menggunakan flush DNS? Simak dibawah ini ya!

Windows

Jika kamu pengguna Windows, kamu bisa gunakan CMD (Command Prompt) dan masukan kode dibawah ini :

ipconfig / flushdns

Jika berhasil, maka akan ada pesan seperti ini:  “Successfully flushed the DNS resolver Cache”

macOS

Jika kamu adalah pengguna operating system Mac, bisa menggunakan kode dibawah ini pada terminal :

dscacheutil -flushcache

Dan cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengubah server DNS kamu untuk sementara. Secara default, server DNS ditetapkan oleh ISP (Internet Service Provider). Tetapi, kamu dapat mencoba mengubahnya untuk sementara ke server DNS public seperti Google misalnya.

Periksa Hosting yang Kamu Gunakan

Cara terakhir adalah periksa hosting yang kamu gunakan. Kenapa? karena cukup banyak juga website yang mengalami error 502 bad gateway adalah karena masalah dengan hosting yang digunakan. Masalah hosting biasanya adalah kueri, skrip atau permintaan akses yang lama sehingga dibatalkan atau dimatikan oleh server secara otomatis.

Pada dasarnya yang perlu dilakukan adalah menghentikan permintaan setelah waktu pemuatan tertentu sehingga server mematikan secara otomatis. Maka dari itu, kamu harus memeriksa perusahaan hosting yang kamu gunakan saat ini, mungkin saja masalahnya ada pada hosting yang kamu gunakan. 

Jika memang iya ada masalah dengan hosting yang kamu gunakan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk pindah ke layanan hosting SSD dari Masterweb. Layanan hosting kami bisa mengoptimalkan kecepatan website kamu karena didukung oleh teknologi terbaru bernama LiteSpeed Server. Jika terjadi masalah, kami juga memiliki dukungan support 24/7 yang akan membantu segala kendala serta selalu memantau aktivitas mencurigakan yang masuk ke website kamu.

Alasan lain kenapa kamu harus memeriksa hosting yang kamu gunakan adalah penyebab error bisa terjadi karena server tidak menjangkau aktivitas browser, mungkin karena down atau tidak adanya konektivitas dan lain sebagainya. Dalam hal ini, kami sarankan kamu untuk memeriksa status hosting kamu atau membuka tiket dukungan kepada penyedia hosting yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah error 502 bad gateway di situs website kamu. Umumnya, error ini terjadi pada sisi hosting bukan sisi client. Selain hosting, jika kamu adalah pengguna WordPress maka bisa juga error terjadi karena plugin maupun theme yang kamu gunakan. Jadi kamu harus selalu memeriksa secara berkala plugin maupun theme yang kamu gunakan.


blogs.masterweb.com

Posting Komentar

Posting Komentar