b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Apa itu Double Chin dan cara mengatasinya

Cara mengatasi Double chin

Double chin atau dagu berlipat merupakan kondisi yang terjadi akibat penumpukan lemak di bawah dagu. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh berat badan berlebih atau obesitas.

Double chin dapat memengaruhi penampilan dan bisa saja menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan double chin yang dapat Anda coba, mulai dari melakukan senam wajah hingga menjalani prosedur sedot lemak.

Penyebab double chin tidak hanya karena kelebihan berat badan. Kondisi ini juga bisa terjadi karena beberapa hal, seperti keturunan, penurunan elastisitas kulit di area dagu, bahkan postur tubuh yang buruk.

Anda tidak perlu khawatir bila memiliki kondisi dagu berlipat, sebab ada berbagai cara menghilangkan double chin yang dapat dilakukan. Dengan begitu, lipatan lemak di leher pun tidak lagi terlihat.

Ada beberapa cara menghilangkan double chin yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Senam wajah

Salah satu cara menghilangkan double chin yang paling mudah dilakukan adalah dengan senam wajah. Senam wajah dipercaya dapat mengurangi lemak berlebih di area dagu serta mengencangkan otot dan kulit di sekitarnya.

Untuk melakukan senam wajah ini, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

  • Dongakkan kepala hingga melihat langit-langit.
  • Letakkan lidah di langit-langit mulut.
  • Tahan selama 5–10 detik, lalu lepaskan.
  • Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 10 kali.

2. Diet sehat

Karena salah satu penyebab terbentuknya double chin adalah kelebihan berat badan, Anda pun bisa mengatasinya dengan menurunkan berat badan. Anda bisa melakukannya dengan menjaga asupan makanan harian serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti buah dan sayuran.

Selain itu, Anda juga dianjurkan berolahraga secara rutin agar lemak di tubuh, termasuk di bawah dagu, dapat berkurang. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah joging, bersepeda, dan berenang.

3. Konsumsi air putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme, sehingga pembakaran lemak dalam tubuh pun meningkat. Anda pun bisa memanfaatkan khasiat air putih ini sebagai alternatif untuk menghilangkan double chin.

4. Permen karet

Cara menghilangkan double chin selanjutnya adalah mengunyah permen karet. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bisa mengencangkan otot wajah, sehingga mampu membakar lemak di bawah dagu.

Meski mengunyah permen karet bisa membuat kulit tetap kencang, sebaiknya hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena permen karet umumnya mengandung gula yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah gigi dan mulut.

5. Sedot lemak

Apabila beberapa cara menghilangkan double chin di atas di atas kurang efektif, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan prosedur medis, salah satunya sedot lemak.

Prosedur ini dilakukan menggunakan tabung kecil dan tipis yang dihubungkan ke alat penyedot lemak, sehingga dapat mengurangi lemak yang menumpuk di dagu secara instan.  

6. Facelift

Facelift juga bisa menjadi salah satu prosedur medis untuk menghilangkan double chin. Prosedur ini mampu mengencangkan kulit di area tubuh yang diinginkan, termasuk bagian bawah dagu. Biasanya, facelift dilakukan setelah prosedur sedot lemak.

7. Suntik botox

Anda juga bisa melakukan suntik botox untuk mengurangi lipatan di dagu akibat kulit dan otot yang kendur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya diperlukan sekitar 3–6 suntikan di waktu yang berbeda.

Ada pula tindakan medis lain yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan dagu berlipat, salah satunya tanam benang. Prosedur tanpa operasi ini bisa membuat kulit wajah terlihat kencang.

Beberapa tindakan medis memang bisa langsung menghilangkan double chin. Selain prosedur medis, belum ada cara instan untuk menghilangkan lipatan di bawah dagu. Oleh karena itu, bila Anda memilih langkah yang sederhana, sebaiknya lakukan dengan sabar dan konsisten.

sumber:alodokter

Posting Komentar

Posting Komentar