b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Manga, Manhua Dan Manhwa Ternyata Berbeda

Bedanya Manga, Manhua Dan Manhwa

Masih banyak yang berpikir atau menjuluki manga, manhua dan manhwa dengan komik. Padahal ketiga karya seni tersebut bahkan dibuat pada Negara yang berbeda.

Mayoritas pembaca memang akan lebih nyaman untuk membaca manga apabila dibandingan dengan kedua pesaingnya ini. Secara geografis ketiga karya seni ini memang memiliki darat yang sama yaitu asia. Maka tidak heran pasti saja akan ada kesamaan dalam beberapa hal ketika membaca manga, manhua ataupun manhwa.

Penasaran apa saja perbedaan manga, manhua dan juga manhwa. Simak saja artikel dibawah ini untuk mendapatkan penjelasan yang lebih dalam. Pastikan jangan sampai salah menyebut ketiga jenis karya seni ini ya.

Perbedaan Manga, Manhua Dan Manhwa Dari Segi Negara Pembuat

Pertama untuk mengetahui perbedaan manga, manhua dan manhwa sahabat harus tau tempat pembuatannya. Manga seperti yang sudah kita ketahui bersama dibuat di Jepang. Sedangkan sang pengarang dijuluki Mangaka. Sejarah dari manga ini memang sangat panjang dan rumit.

Sedangkan  untuk manhua Negara asalnya adalah China. Memiliki sejarah yang hampir sama dengan manga yaitu sudah dikenal sejak dahulu. Sebab masyarakat China seringkali membuat sebuah prasasti menggunakan karikatur. Dibeberapa perkamen juga terlihat beberapa langkah-langkah menggunakan karikatur untuk menggabarkannya.

Kemudian manhwa, karya seni ini berasal dari Korea. Untuk yang menyukai segala budaya Korea pasti sangat tidak asing dengan manhwa. Itulah perbedaan manga, manhua dan manhwa dari segi tempat mereka dibuat. Latar belakang Negara tersebut juga mengikuti bentuk dari karya seni ini.

Tehnik Penggambaran

Bagi yang sudah familiar dengan perbedaan manga, manhua dan manhwa pasti akan mengenali masing-masing karya seni ini dari tehnik penggambarannya. Manga memiliki jenis penggambaran yang lebih unik. Bahkan beberapa karakter terkesan tidak masuk akal. Seperti bentuk kaki yang sangat panjang ataupun kepala oval. Tapi keunikan dari segi penggamabaran inilah yang berhasil menarik minat pembacanya.

Untuk manhua karena berasal dari dataran China. Penggambaran dari setiap karakternya pasti akan selalu tampan dan cantik. Ini mengikuti kultur mereka yang selalu mengidamkan ketampanan dan kecantikan. Terkadang beberapa karakter bahkan terlihat terlalu sempurna.

Manhwa hampir sama dengan manhua memiliki cirri-ciri tehnik penggambaran yang mengedepankan keindahan paras. Mungkin dalam satu chapter sahabat sudah bisa membedakan mana manga, manhua atau manhwa. Karena setiap karya seni ini memiliki otentikasinya masing-masing.

Alur Cerita Perbedaan Manga, Manhua Dan Manhwa

Alur cerita merupakan hal yang paling bisa membuat ketiga karya seni ini sangat terlihat perbedaannya. Plot komedi yang sangat banyak ditemui didalam manga tampaknya menjadi nilai jual tersendiri. Sebab pada kedua pesaingnya sahabat akan sangat sulit untuk mendapatkan plot ini.

Selanjutnya pada setiap karya seni pasti mengangkat sejarah nasionalnya. Seperti manga yang banyak menceritakan tentang peperangan zaman fuedalisme. Lalu manhua berisi pertarungan kung-fu sedangkan manhwa banyak memperlihatkan adegan yang hampir sama.

Jenis Cerita Didalam Ketiga Karya Seni Ini

Jenis cerita yang dimiliki oleh masing-masing karya seni ini memang sangat kontras. Sahabat bisa mendapatkan perbedaan manga, mahua dan manhwa berdasarkan jenis ceritanya. Manga komersil biasanya berisikan sebuah karakter utama yang memiliki kekuatan super. Lalu ia akan berjuang untuk mengalahan seorang antagonis yang juga memiliki kekuatan super.

Bagi manhua hampir sama banyak berisi pertarungan. Tapi mereka lebih menunjukan pertarungan gaya oriental. Dimana setiap pertarungan menunjukan berbagai jenis jurus-jurus kung-fu. Ataupun saling beradu senjata tajam. Sebenarnya tehnik manhua ini telah diadopsi oleh dunia perkomikan nusantara. Sempat ada beberapa komik yang ada di Indonesia dengan konsep manhua ini.

Untuk manhwa ceritanya lebih banyak tentang percintaan ataupun kejadian-kejadian aneh. Salah satu serial manhwa yang sempat terkenal adalah Stranger From Hell. Dari serial ini sahabat bisa melihat bahwa gaya jenis cerita yang diberikan oleh pengarang manhwa.

Penamanaan Karakter

Perbedaan manga, manhua dan manhwa selanjutnya adalah dari segi penamaan setiap karakter. Apabila anda sudah pernah membaca ketiga karya seni ini maka akan menyadari. Manga lebih cenderung untuk menggunakan penamaan yang hampir sama dengan judulnya sendiri. Sedangkan bagi kedua serial lainnya memiliki penamaan yang berbeda dan mengikuti negaranya.

Mayoritas Fans

Jika dilihat dari mayoritas fans pembaca karya seni jenis ini maka manga masih memimpin didepan. Sebab manga lebih dahulu terkenal. Bahkan banyak masyarakat dunia yang juga menyukai serial manga ini. Sedangkan untuk kedua karya seni lainnya fans dari dunia internasional tampaknya masih sangat sedikit. Mungkin karena kurangnya advertising ataupun yang lainnya.

Perkembangan Dari Karya Seni

Kemudian apabila sahabat menyadari ketiga karya seni ini saling berlomba untuk bisa menjadi yang pertama di hati masyarakat dunia. Walaupun untuk sekarang manga masih unggul diurutan yang pertama. Tapi ini tidak membuat 2 pesaingnya patah semangat.

Malah sekarang banyak sekali manhua dan manhwa yang sangat menarik dan layak untuk dibaca. Terutama dari serial manhwa yang semakin mudah dan banyak ditemui. Beberapa serial dari manhwa bahkan sudah berhasil diangkat kedalam film ataupun animasinya.

Mungkin keberhasilan kedua serial tersebut juga dipengaruhi oleh peleburan budaya yang ada didunia ini lewat globalisasi. Setiap karya seni ini memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing jadi kita tidak bisa menggeneralisasi perbedaan manga, manhua dan manhwa.

Cara Pembacaan Dari Ketiga Karya Seni

Terakhir sahabat bisa melihat perbedaan yang sangat mencolok dari ketiga karya seni ini. Yaitu dari cara pembacaannya. Perbedaan manga, manhu dan manhwa sangat jelas terlihat dari bagaimana para pembacanya harus mulai membaca disetiap bagian serialnya.

Manga mengharuskan para pembacanya untuk memulai membaca dari sisi kanan kemudian ke kiri. Ini mungkin akan sangat familiar. Sampai-sampai ketika sahabat membaca serial manhua atau manhwa pasti akan sangat sulit dan tidak terbiasa.

Sedangkan untuk manhwa dan manhua pembaca harus memulainya dari sisi sebelah kiri kemudian berlanjut ke kanan. Ada juga beberapa serial manhua dan manhwa yang mengharuskan pembacanya membaca dari atas ke bawah. Itulah mungkin perbedaan manga, manhua dan manhwa yang paling menjelaskan serta mencolok.

Harus diingat oleh para fansnya untuk selalu membeli karya seni original apapun jenisnya. mau itu manga, manhwa atau manhua. Sahabat harus menghargai para pembuatnya karena mereka menghabiskan waktu hanya untuk membuat serial tersebut.

Dengan membeli serial originalnya maka sahabat sudah mendukung perkembangan dari karya seni ini. Sekarang sahabat sudah dapat perbedaan manga, manhua dan manhwa. Jadi jangan sampai tertukar lagi ketika ingin membaca karya seni yang mengasikkan ini. Sekarang beberapa toko buku menyediakan ketiga karya seni ini dengan lebih banyak.

wobbuffet

Posting Komentar

Posting Komentar