b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Alasan Tepat Memilih OS Linux


Ada banyak alasan mengapa Linux lebih disukai daripada platform perangkat lunak berpemilik seperti Windows dan Mac. Namun di sini, kami mencantumkan sepuluh alasan teratas untuk memberi Anda gambaran yang jelas.

Sampai beberapa tahun yang lalu, Linux digunakan terutama untuk server dan tidak dianggap cocok untuk desktop. Namun antarmuka pengguna dan kemudahan penggunaannya terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Linux saat ini telah menjadi cukup ramah pengguna untuk menggantikan Windows di desktop. Ini digunakan oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia. Inilah sepuluh alasan terpenting mengapa.

Linux harus diadopsi oleh pengguna rumahan, lembaga pendidikan dan bisnis.

1. Keamanan yang tinggi

Menginstal dan menggunakan Linux di sistem Anda adalah cara termudah untuk menghindari virus dan malware. Aspek keamanan selalu diingat saat mengembangkan Linux dan jauh lebih tidak rentan terhadap virus dibandingkan dengan Windows.

Program tidak dapat membuat perubahan pada pengaturan dan konfigurasi sistem kecuali pengguna masuk sebagai pengguna root (setara dengan pengguna administrator di Windows). Kebanyakan pengguna tidak masuk sebagai root; karenanya, mereka tidak dapat melakukan banyak kerusakan pada sistem, kecuali pada file dan program mereka sendiri, karena file / malware yang diunduh akan memiliki hak istimewa yang terbatas. Anda dapat menjelajah Internet tanpa khawatir sistem Anda terinfeksi. Namun, pengguna dapat menginstal perangkat lunak antivirus ClamAV di Linux untuk lebih mengamankan sistem mereka.

Alasan untuk tingkat keamanan yang lebih tinggi ini adalah karena Linux adalah perangkat lunak sumber terbuka, kode sumber tersedia untuk ditinjau. Sejumlah besar pengembang di seluruh dunia telah mempelajari kode tersebut, yang berarti sebagian besar kekurangan telah ditemukan.

2. Stabilitas tinggi

Sistem Linux sangat stabil dan tidak mudah rusak. OS Linux berjalan secepat saat pertama kali diinstal, bahkan setelah beberapa tahun. Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami bagaimana sistem Windows yang baru diinstal berjalan sangat cepat dan sistem yang sama menjadi lambat setelah sekitar enam bulan hingga satu tahun. Kemudian, satu-satunya pilihan Anda di sebagian besar waktu adalah menginstal ulang OS dan semua perangkat lunak lainnya.

Uptime untuk server Linux sangat tinggi dan ketersediaannya sekitar 99,9 persen. Tidak seperti Windows, Anda tidak perlu me-reboot server Linux setelah setiap update atau patch. Karena itu, Linux memiliki jumlah server tertinggi yang berjalan di Internet. Menurut sebuah artikel di situs zdnet, 96,3 persen dari 1 juta server Web teratas berjalan di Linux. Dua puluh tiga dari dua puluh lima situs web teratas berjalan di Linux. Dua situs web yang tersisa di dua puluh lima teratas adalah live.com dan bing.com , milik Microsoft!

3. Kemudahan perawatan

Memelihara OS Linux itu mudah, karena pengguna dapat memperbarui OS secara terpusat dan semua perangkat lunak diinstal dengan sangat mudah. Semua varian Linux memiliki repositori perangkat lunak pusatnya sendiri, yang digunakan untuk memperbarui sistem dan menjaganya tetap aman. Mereka menawarkan pembaruan rutin dan sistem dapat diperbarui tanpa me-reboot-nya. Pembaruan dapat dilakukan secara berkala, hanya dengan beberapa klik, atau pengguna bahkan dapat mengotomatiskan proses pembaruan. Memperbarui sistem Windows tidak semudah itu dibandingkan dengan sistem Linux. Selain itu, di Windows, semua perangkat lunak pihak ketiga seperti Acrobat Reader dan Firefox harus diperbarui satu per satu.

4. Berjalan di semua perangkat keras

Kita semua tahu bahwa dengan setiap rilis baru OS Windows, sejumlah besar sistem perangkat keras menjadi usang karena spesifikasi teknisnya tidak lagi memadai untuk menjalankan OS Windows terbaru. Linux menggunakan sumber daya sistem dengan sangat efisien. Penginstalan Linux dapat disesuaikan untuk pengguna dan untuk persyaratan perangkat keras tertentu. Prosedur instalasi sangat fleksibel, dan memungkinkan pengguna untuk memilih modul yang ingin mereka instal. Hal ini memungkinkan mereka untuk menginstal Linux bahkan pada perangkat keras lama, sehingga membantu penggunaan yang optimal dari semua sumber daya perangkat keras.

Linux berjalan pada berbagai perangkat keras, langsung dari superkomputer hingga jam tangan. Anda dapat memberikan kehidupan baru pada sistem Windows lama dan lambat Anda dengan menginstal sistem Linux yang ringan, atau bahkan menjalankan NAS atau media streamer menggunakan distribusi Linux tertentu. Ada juga desktop ringan seperti Xfce dan LXDE yang dapat berjalan di PC kelas bawah.

5. Gratis

Linux sepenuhnya gratis dan pengguna tidak perlu membayar apa pun. Semua perangkat lunak dasar yang dibutuhkan oleh pengguna biasa dan bahkan pengguna tingkat lanjut tersedia. Lusinan perangkat lunak pendidikan tersedia di Linux. Bahkan perangkat lunak profesional yang setara untuk penerbitan desktop, pengeditan foto, pengeditan audio, dan pengeditan video juga tersedia. Bisnis dapat menggunakan perangkat lunak tanpa biaya dan mengurangi anggaran TI mereka secara substansial.

6. Sumber Terbuka

Aspek terpenting dari Linux adalah bahwa kode sumbernya tersedia karena termasuk dalam kategori FOSS (Perangkat Lunak Bebas dan Sumber Terbuka). Komunitas pengembang mendapatkan keuntungan dari ini karena anggotanya memiliki kebebasan untuk melihat dan memodifikasi kode sumber, yang tidak terjadi pada perangkat lunak berpemilik, yang hanya dapat mereka gunakan. Beberapa negara sedang mengembangkan versi Linux mereka sendiri. Ini pada akhirnya akan membantu negara-negara ini dalam mengembangkan OS mereka sendiri untuk bidang khusus atau strategis seperti pertahanan, komunikasi, dll.

Perang dunia maya akan memainkan peran penting dalam perang apa pun di masa depan. Penggunaan sistem operasi komputer asing dan yang dikompromikan serta perangkat lunak komunikasi dapat membuat negara bertekuk lutut dalam beberapa hari, baik secara militer maupun ekonomi. Karenanya, penggunaan alat FOSS sangat penting untuk keamanan negara mana pun. Beberapa negara termasuk Cina, Rusia dan Kuba sedang mengembangkan OS mereka sendiri berdasarkan Linux. C-DAC telah mengembangkan BOSS (Bharat Operating System Solutions), sistem operasi PC India sendiri.

7. Kemudahan penggunaan

Bertentangan dengan kepercayaan umum bahwa Linux hanya untuk geek, sekarang Linux telah menjadi ramah pengguna dan memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI) yang baik. Ini memiliki hampir semua fungsi yang dimiliki Windows. GUI telah berkembang sedemikian rupa sehingga sebagian besar dari apa yang diinginkan oleh pengguna biasa dapat dilakukan di Linux, semudah itu dilakukan di Windows, tanpa mengetahui perintah apa pun.

Jika Anda menggunakan beberapa aplikasi yang hanya berjalan di Windows, Anda dapat menginstal Wine (Windows Emulator), yang dengannya Anda dapat menjalankan aplikasi tersebut di sistem Linux.

Meskipun ada anggapan bahwa Linux tidak ramah gamer, beberapa game sekarang tersedia di Linux. Meskipun game tertentu tidak tersedia di Linux, Anda dapat menginstal PlayOnLinux untuk menjalankan game Windows.

8. Kustomisasi

Pengguna memiliki fleksibilitas luar biasa dalam menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan mereka. Ada banyak pilihan untuk wallpaper, ikon desktop, dan panel. Ada lebih dari setengah lusin lingkungan desktop yang dapat dipilih, seperti GNOME, KDE, dll. Untuk tugas apa pun, langsung dari antarmuka GUI dan pengelola file, hingga pembakar DVD dan browser, sekitar empat hingga enam opsi tersedia untuk semua perangkat lunak tertentu. Tersedia versi Linux dari browser paling populer. Filosofi Linux didasarkan pada penggunaan beberapa program kecil, yang masing-masing melakukan satu tugas dengan sangat baik. Tetapi program ini dapat digabungkan untuk menulis program dan utilitas yang sangat kuat. OS Linux menawarkan antarmuka baris perintah dengan beberapa shell untuk dipilih.

9. Pendidikan

Ini adalah aspek yang paling berguna bagi siswa, karena mereka dapat menggunakan perangkat lunak untuk mempelajari cara kerjanya, sebelum memodifikasi dan memperluas kode agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga akan membantu mereka mempelajari internal OS dan perangkat lunak. Proses ini akan membantu dalam pengembangan perangkat lunak baru dan membantu inovasi berdasarkan kebutuhan lokal. Meskipun pengguna bukan pemrogram, mereka dapat berkontribusi ke Linux dengan membantu dalam dokumentasi, terjemahan, dan pengujian.

Ini bisa menjadi alat pendidikan yang luar biasa untuk sekolah dan perguruan tinggi karena perangkat lunak gratis tersedia untuk membantu pengajaran. Perangkat lunak berpemilik untuk komputasi, seperti MATLAB, sangat mahal. Ada alternatif yang tersedia untuk itu seperti Scilab dan GNU Octave. Perangkat lunak Linux tersedia di banyak area— Celestia dan Stellarium untuk astronomi, Avogadro dan Gabedit untuk kimia, EMBOSS dan TreeView X untuk biologi; dan ROOT, Octopus, dan Langkah untuk fisika.

10. Dukungan

Ada dukungan komunitas yang kuat untuk Linux melalui Internet melalui berbagai forum. Setiap pertanyaan yang diajukan di forum biasanya akan mendapat tanggapan yang cepat karena banyak relawan yang online dan bekerja untuk memecahkan masalah karena kecintaan mereka pada Linux. Opsi dukungan berbayar juga tersedia untuk perusahaan komersial, dengan perusahaan seperti Red Hat dan Novell menawarkan dukungan 24 × 7 untuk aplikasi dan layanan penting.


berbagaisumber
Posting Komentar

Posting Komentar