b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Mengembalikan Semangat Menulis yang Hilang

Mengembalikan Semangat Menulis yang Hilang

Bagaimana dengan seorang blogger yang memiliki jadwal setiap hari harus menulis? Mungkin bisa dikatakan hampir semua blogger pernah mengalami seperti ini. Terutama bagi seorang blogger yang konsisten membuat konten setiap hari, hal ini akan sering dirasakannya.

Menulis memang memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Banyak penulis menemukan hal-hal baru dan pengalaman yang kemudian Ia tulis sebagai kenangan atau cerita yang Ia abadikan. Namun berbeda dengan penulis yang menulis karena suatu hal kegiatan terjadwal. Terkadang penulis yang terjadwal sering mengalami Ngandat (mogok) inspirasi disaat akan menulis.

  • Membaca

Membaca terbukti ampuh menemukan ide atau inspirasi baru untuk menulis. Tips ini banyak digunakan oleh para blogger. Mereka sering membaca apapun yang mereka lihat, baik berupa koran, majalah, sosmed, atau membaca blog orang lain yang memiliki topik sejenis dengan karya kita. 

Selain menemukan inspirasi menulis yang baru, hal ini juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengevaluasi karya kita sendiri agar lebih baik. Jangan bosan-bosan untuk membaca yaaa.

  • Traveling

Bagi kalian yang suka jalan-jalan, traveling juga memiliki peran penting untuk menyegarkan pikiran. Ya, pernyataan ini memang benar. Dengan pikiran yang segar dan santai, kita dapat menulis layakanya orang bercerita. 

Kita juga dapat menuliskan apa yang baru saja kita lihat di tempat yang kita kunjungi, baik berupa makanan dari pedagang, karakter pengunjung, rivew lokasi, atau hanya menceritakan kembali apa yang kalian rasakan selama disana. Hal semacam ini juga dapat kalian gunakan untuk dijadikan bahan tulisan loh.

  • Nonton Film

Nonton film ternyata juga dapat menyegarkan pikiran loh, kegiatan ini sudah saya alami sendiri. Ketika saya sedang kehilahan ide menulis, biasanya nonton film saya jadikan obatnya. 

Ketika sedang nonton film yang kita sukai, seakan-akan film tersebut dapat menghipnotis pikiran kita untuk tidak memikirkan apapun selain film tersebut. Dengan begitu, pikiran kita yang sebelumnya terjepit akan ide menulis dapat segar kembali.

Kalian juga dapat menuliskan cerita apa saja yang ada dalam film tersebut. Baik berupa lokasi kejadian, rivew film, menceritakan film dalam bentuk tulisan, atau menceritakan tokoh yang banyak digemari. Hal ini juga dapat menarik penggemar film tersebut untuk membaca tulisan kalian. 

  • Berdiskusi

Berdiskusi sesama penulis juga dapat membantu menemukan inspirasi baru loh. Ketika berdiskusi dengan sesama penulis, biasanya akan mendiskusikan apa saja yang berkaitan dengan konten yang akan ditulis. Terkadang melakukan diskusi seperti ini mempercepat kita untuk mendapatkan inspirasi.

  • Bertanya

Bertanya kepada rekan kerja, teman, keluarga, atau orang yang sedang bersama kalian. Maksudnya, kalian bisa bertanya apa yang sedang mereka cari, mereka inginkan, atau apa yang sedang mereka pikirkan. Dengan begitu, biasanya mereka akan bercerita tentang apa yang sedang mereka pikirkan. Cerita mereka dapat dijadikan inspirasi untuk membuat karya tulis.

Semisal saya menanyakan kepada teman saya tentang apa saja saat ini yang mereka cari dari internet. Dengan itu, mereka akan menjawab apa yang sedang Ia cari. Kemudian lanjutkan dengan pertanyaan "Mengapa mencari itu?". Nah begitu seterusnya. Tanpa kita sadari, kita sudah menemukan ide dan jawabannya.

  • Bercerita

Jika sudah tidak menemukan inspirasi konten yang akan ditulis, kalian bisa bercerita susah senangnya menjadi seorang penulis, menceritakan tentang diri kalian masing-masing. Apa yang kalian rasakan, kendala yang sering terjadi, atau mengapa kalian jadi seorang penulis. Dengan begitu, secara tidak langsung kalian sudah menemukan inspirasi menulis yakni menulis tentang diri sendiri.

Masih banyak tips untuk mengembalikan inspirasi menulis, namun kali ini saya hanya menuliskan segini saja. Saya rasa dengan keenam tips ini sudah dapat memberikan gambaran untuk menyelesaikan kendala disaat kalian sedang kehilangan inspirasi.

ngeblogger

Posting Komentar

Posting Komentar