b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Imposter Syndrome dan Cara Menghadapinya

Imposter Syndrome dan Cara Menghadapinya


Imposter syndrome adalah istilah yang menggambarkan pola perilaku seseorang yang sering kali meragukan atau bahkan merasa tidak pantas meraih pencapaian dan kesuksesannya sendiri. Imposter syndrome merupakan kondisi psikologis, tetapi tidak termasuk dalam gangguan mental.

Orang yang mengalami imposter syndrome biasanya merasa bahwa dirinya tidak secerdas, sekreatif, atau berbakat seperti yang terlihat dan diketahui orang lain. Ia justru merasa setiap pencapaian yang diraihnya hanya disebabkan oleh kebetulan atau keberuntungan semata.

Perasaan-perasaan ini biasanya juga diikuti dengan ketakutan bahwa suatu saat nanti jati dirinya yang asli akan terungkap dan ia akan dianggap sebagai penipu oleh orang-orang di sekitarnya. Oleh sebab itu, imposter syndrome juga dikenal dengan istilah “sindrom penipu”.

Tanda-Tanda Imposter Syndrome

  1. Sering meragukan kemampuan diri sendiri
  2. Sering mengaitkan kesuksesan dan pencapaian dengan faktor eksternal
  3. Tidak mampu menilai kompetensi dan keterampilan diri secara objektif
  4. Merasa takut akan gagal suatu hari nanti
  5. Merasa kecewa hingga frustrasi ketika tidak mampu memenuhi standar yang ditetapkan sendiri

Orang yang mengalami imposter syndrome cenderung akan terus memotivasi dirinya untuk terus bekerja keras, bahkan terkadang lebih dari yang diperlukan. Namun, hal ini dilakukan semata-mata agar ia merasa aman dan tidak ada orang yang tahu bahwa dirinya adalah seorang penipu.

Penyebab Imposter Syndrome

Ada beberapa faktor-faktor tertentu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami imposter syndrome, antara lain:

  1. Pola asuh orang tua yang sangat mengutamakan prestasi dan pencapaian
  2. Lingkungan yang kompetitif
  3. Sifat perfeksionis
  4. Peran baru, misalnya sebagai mahasiswa atau pekerja
  5. Cara Menghadapi Imposter Syndrome

Walau bukan salah satu jenis gangguan mental, imposter syndrome yang dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan kecemasan hingga depresi.

Untuk menghadapi imposter syndrome, di antaranya:

1. Akui perasaan Anda

Langkah pertama untuk menghadapi imposter syndrome adalah dengan menyadari dan mengakui apa yang Anda rasakan.

Anda bisa mulai dengan menuliskan perasaan Anda pada buku catatan. Cobalah untuk menuliskan semua keraguan dan perasaan tidak mampu yang Anda rasakan secara spesifik, beserta alasan di baliknya.

Hal ini bisa membantu Anda menyadari bahwa mungkin keraguan Anda sebenarnya tidak berdasar dan Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut.

2. Lawan pikiran negatif

Setiap kali pikiran negatif Anda muncul, cobalah untuk melawan pikiran tersebut dengan positive self-talk, misalnya dengan mengatakan usaha apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan Anda saat ini. Ini bermanfaat untuk menetralkan pikiran-pikiran negatif yang mengganggu Anda selama ini.

3. Bicarakan perasaan Anda

Selain menuliskannya, Anda juga bisa coba melegakan perasaan Anda dengan bercerita kepada orang-orang yang Anda percaya, seperti sahabat, keluarga, atau kolega. Mereka mungkin bisa berbagi pengalaman yang serupa atau memberikan Anda sudut pandang yang lebih positif dalam melihat diri sendiri.

4. Kenali kekuatan dan kelemahan diri

Mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri juga bisa membantu Anda menghadapi imposter syndrome. Setelah memahami kekuatan dan kelemahan diri Anda lebih dalam, coba temukan cara untuk mengembangkan kekuatan tersebut dan mengatasi kelemahan Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk khawatir bahwa Anda tidak memenuhi kualifikasi untuk suatu tugas atau peran tertentu.

5. Akui dan nikmati kesuksesan Anda

Imposter syndrome juga bisa dilawan dengan hal ini. Jadi, setiap kali Anda berhasil meraih kesuksesan, biasakanlah untuk mengakui bahwa kesuksesan tersebut adalah hasil dari usaha, kecerdasan, dan keahlian Anda.

Anda juga bisa merayakan kesuksesan tersebut, misalnya dengan pergi makan bersama teman atau sekadar membeli barang yang Anda inginkan. Selain itu, berlatihlah menerima pujian dari orang lain, sehingga Anda bisa lebih menghargai setiap usaha dan kesuksesan yang Anda raih.

Intinya, ingatlah bahwa setiap kesuksesan yang Anda raih memang layak untuk Anda dapatkan. Ingat juga bahwa Anda berada pada tempat Anda sekarang karena suatu usaha dan keputusan yang Anda buat, bukan sekadar karena keberuntungan atau kebetulan semata.

Cobalah untuk menerapkan berbagai cara menghadapi imposter syndrome di atas, tetapi jika keraguan dan kekhawatiran Anda kian mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

alodokter/dr. Meva Nareza

Posting Komentar

Posting Komentar