b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Kamus Istilah Dalam Sistem Operasi Android

Kamus Istilah Dalam Sistem Operasi Android

Mungkin istilah dibawah ini tidaklah terlalu asing bagi para pengguna smartphone khususnya Andorid, Tapi Apakah kamu tau arti singkatan singkatan yang sering kamu dengar dan lihat di forum forum smartphone, berikut ini penjelasannya

Kamus Istilah Android

Android adalah system operasi yang mendukung banyak games, aplikasi dan berbagai macam fungsi di dalam sistemnya. Jangan heran jika anda baru mengenal ponsel Android akan ada banyak istilah yang mungkin baru anda dengar, jika anda ingin menjadi seorang developer aplikasi atau game Android, maka sudah diharuskan untuk mengetahui istilah-istilah di lingkungan Android.

Activity

Adalah Sebuah screen atau menu dalam sebuah aplikasi yang dapat dipanggil secara khusus. Aplikasi seperti Tasker atau Launcher untuk membuka suatu aktivitas langsung.

ADB

Singkatan dari Android Debug Bridge. Software yang menjembatani kesenjangan antara perangkat Android dan komputer, yang memungkinkan Anda untuk mengirim perintah tingkat tinggi ke ponsel atau tablet melalui kabel data USB.

AMOLED

Adalah singkatan dari Active-matrix organic light-emitting diode. Suatu jenis panel display yang dipelopori oleh Samsung di mana individu piksel memancarkan cahaya mereka sendiri, menghilangkan kebutuhan untuk backlight yang diperlukan dalam panel LCD tradisional. layar AMOLED dibedakan oleh kulit hitam dalam dan warna jenuh.

Android

sistem operasi yang paling populer di dunia untuk platform apapun, bahkan melampaui Windows dalam pangsa pasar. Open-source platform yang saat ini dikembangkan oleh Google, namun pada awalnya berasal dari Linux ini sekarang sudah benar-benar melampaui kepopuleran sistem operasi desktop komputer.

AOSP

Singkatan dari Android Open Source Project. Dasar dari Android secara keseluruhan, yang digunakan oleh produsen dan pengembang independen untuk membuat firmware perangkat Android yang akan dijalankan. Anda bisa googling untuk mengetahui lebih lanjut pengertian dan fungsi dari AOSP ini.

APK

APK adalah singkatan dari Android application package. Ekstensi yang digunakan dalam file instalasi aplikasi Android (misalnya, app.apk). Seperti .exe di file instalasi windows.

App

Singkatan dari application (Dalam Bahasa Indonesia: Aplikasi). Sebuah program perangkat lunak, umumnya dikembangkan untuk platform mobile, yang dapat digunakan untuk melakukan sejumlah tugas. Buka androidauthority.com untuk membaca berbagai review aplikasi dan game Android.

App Standby

Sebuah fitur hemat baterai yang diperkenalkan oleh Android 6.0 Marshmallow yang memaksa aplikasi yang tidak terpakai ke mode hibernasi. Bila Anda memiliki aplikasi terinstal tapi tidak menggunakannya untuk jangka waktu yang panjang, Android akan mencegah aplikasi dari sinkronisasi di latar belakang atau memegang wakelock sampai Anda meluncurkan aplikasinya lagi.

ART

Adalah singkatan dari Android Runtime. Sebuah nama bagi Library baru Android menggantikan Dalvik. ART memungkinkan aplikasi yang sama untuk dijalankan pada hardware yang sangat berbeda dengan bertindak sebagai perantara.

Bloatware

Istilah yang digunakan dalam referensi untuk aplikasi yang tidak diinginkan yang datang (pre-instal) pada perangkat Android oleh produsen atau operator . Bloatware biasanya tidak dapat dihapus, sehingga menempati ruang dan data sistem operasi menjadi membesar.

Bluetooth

Suatu jenis konektivitas nirkabel untuk perangkat bertenaga baterai yang memungkinkan untuk transfer data dengan kecepatan hingga 24 Mbps pada rentang teoritis hingga 100 meter. Digunakan umumnya untuk menghubungkan aksesoris seperti headphone dan speaker untuk perangkat Android.

Bootloader

Perangkat lunak yang meluncurkan Android dan layanan tambahan ketika perangkat dinyalakan. Juga menyediakan antarmuka untuk mengirim perintah fastboot melalui koneksi USB komputer.

Bootloop

Adalah error yang terjadi ketika perangkat lunak telah menjadi korup dan biasanya restart sebelum booting ke sistem, kemudian mengulangi proses ini secara terus menerus. Indikasi bootloop biasanya restart terus menerus atau muncul logo yang sangat lama dan tidak masuk ke sistem.

Bricked

Sebuah perangkat lunak yang telah mengganggu (akibat prilaku pengguna) untuk booting ke sistem Android. Misalnya anda mengubah isi dari file sistem Android yang jelas-jelas sangat tidak direkomendasikan, maka resiko Ponsel bricked kemungkinan bisa terjadi.

Build.prop

Sebuah file teks yang terletak di folder sistem Android yang berisi banyak baris kode yang menentukan beberapa pengaturan untuk perangkat. Mengedit baris kode dapat menghapus pembatasan, memberikan pengguna akses ke fitur baru, perubahan kepadatan layar, atau bahkan meningkatkan kinerja tetapi akses root diperlukan untuk memodifikasi file jenis ini.

BusyBox

Satu set perintah khusus atau alat yang dapat diinstal pada perangkat yang sudah di-root untuk memberikan aplikasi tertentu lebih banyak fungsi. Umumnya, aplikasi BusyBox installer digunakan untuk menambahkan perintah ke perangkat yang sudah root.

Carrier

Penyedia layanan untuk panggilan, mobile data, SMS atau MMS, dan sumber daya komunikasi lainnya yang digunakan oleh ponsel atau tablet. Operator selluler di Indonesia termasuk Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dll.

Cast

Adalah istilah kata kerja untuk menggambarkan tindakan mengirim media dari perangkat mobile ke televisi atau layar yang lebih besar. Umumnya digunakan dalam referensi untuk Chromecast Google, tetapi juga dapat digunakan untuk menggambarkan tindakan berkaitan dengan DLNA atau teknologi serupa lainnya.

CDMA

Singkatan dari code division multiple access. Sebuah standar komunikasi suara dan data selular yang digunakan oleh operator selular seperti Sprint dan Verizon (USA) atau jika di Indonesia ada Smartfren yang berjalan di jalur CDMA. Sebuah standar yang sangat bersaing dengan GSM.

ClockworkMod

Disingkat CWM, ClockworkMod adalah salah satu Custom recovery yang pertama yang tersedia untuk beragam perangkat Android. Seperti semua custom recovery, ClockworkMod dapat digunakan untuk melakukan Nandroid backup, menerapkan modifikasi pihak ketiga untuk Android, atau menginstal custom ROM.

Command line

Sebuah antarmuka berbasis teks untuk melaksanakan tugas. Juga disebut sebagai Command Prompt, Terminal, atau Shell. interface Command Line biasanya digunakan dengan Android untuk remote mengeksekusi ADB atau Fastboot (lihat di bawah) perintah dari komputer yang terhubung, atau dengan aplikasi emulator terminal dalam Android.

Cupcake

Nama kode untuk versi publik pertama dari Android (1,5). Dirilis pada tanggal 27 April 2009.

Custom Recovery

Adalah perangkat lunak pihak ketiga yang menggantikan menu recovery bawaan Android, menambahkan kemampuan untuk menginstal paket modifikasi (ZIP flashable), membuat Nandroid backup, dan menginstal custom ROM.

Custom ROM

Merupakan versi Android yang dibuat oleh developer independen untuk mengganti sistem operasi yang ada pada ponsel atau tablet. Biasanya dipasang melalui custom recovery, dan umumnya mencakup beberapa optimasi, serta fitur tambahan.

CyanogenMod

Juga Cyanogen, CM, CM 12.1, CM13 dan CM14, dll. Adalah Salah satu custom ROM yang pertama untuk Android untuk menyertakan dukungan untuk berbagai perangkat. Berdasarkan AOSP, CyanogenMod mencakup beberapa fitur tambahan dan pilihan tweaker.

Dalvik

Mesin virtual library yang digunakan Android Cupcake untuk Android KitKat. Dalvik telah usang dan diganti dengan ART pada tahun 2014.

Donut

Nama kode untuk Android versi 1.6. Awalnya dirilis pada tanggal 15 September 2009.

Doze Mode

Sebuah fitur hemat baterai diperkenalkan di Android 6.0 Marshmallow yang mencegah aplikasi untuk berjalan dengan konsumsi daya sangat rendah. Aplikasi tidak benar-benar berjalan sebelum pengguna membuka aplikasi secara langsung.

Droid

istilah pemasaran Verizon untuk perangkat Android, umumnya diproduksi oleh Motorola.

Eclair

Nama kode untuk versi Android 2.0 hingga 2.1. Awalnya dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009.

Emulator

Perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi menjalankan aplikasi atau game non native dari sistem operasi lain. Paling umum, emulator Android yang digunakan untuk bermain game konsol atau ROM dari Nintendo, PlayStation, dan lain-lain.

Factory reset

Untuk mengembalikan software perangkat ke dalam keadaan awal dengan menghapus pengaturan pengguna dan file. Sebuah Factory reset dapat dilakukan dalam custom recovery atau melalui menu Settings Android.

Fastboot

Protokol yang digunakan untuk mengirim perintah dari komputer ke perangkat Android melalui koneksi data USB saat perangkat dalam mode bootloader. Fastboot umumnya digunakan untuk menginstal firmware secara manual atau menginstal custom recovery macam CMW dan TWRP.

Firmware

Perangkat lunak berbagai versi level yang diinstal pada perangkat. “Factory firmware” digunakan untuk menjelaskan perangkat lunak yang datang secara pre-instal pada perangkat Android sebelum aplikasi atau modifikasi ditambahkan.

Flagship

Perangkat high-end yang dibuat oleh produsen dalam siklus rilis tahunan, umumnya perangkat yang paling mahal yang dijual oleh produsen tertentu. Perangkat Android yang populer kelas atas termasuk seri Samsung Galaxy S, seri G dari LG, HTC One series, seri Moto X, seri Google Nexus, dan seri Sony Xperia Z. Coba anda akses ke gsmarena.com untuk mengetahui ponsel-ponsel terbaru.

Flash

Untuk menginstal custom ROM atau ZIP flashable melalui Custom recovery, atau untuk menginstal sebuah sistem operasi baik menggunakan Fastboot atau Odin.

Force-close

Sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah aplikasi yang tiba-tiba menutup, baik sebagai akibat dari bug, atau pengguna sengaja menghentikan aplikasi melalui menu Android “App Info”. Sering disingkat sebagai FC.

Froyo

Nama kode untuk versi Android 2.2 hingga 2.2.3. Awalnya dirilis pada 20 Mei 2010.

Galaxy

Nama Samsung untuk lini smartphone Android dan tablet. Dipopulerkan oleh seri Galaxy S dari ponsel flagship yang telah menjadi smartphone Android dengan penjualan tertinggi hingga saat ini.

Geotag

Sepotong informasi yang tertanam dalam file media yang menampilkan data lokasi geografis. Geotag umumnya dimasukkan sebagai metadata dalam gambar, video, dan bahkan pesan SMS, biasanya akan berisi koordinat GPS yang menjelaskan di mana berkas dibuat.

Gingerbread

Nama kode untuk versi Android 2.3 hingga 2.3.7. Awalnya dirilis pada 6 Desember 2010.

Google Now

Sebuah layanan yang memulai debutnya dengan Android Jelly Bean yang menggunakan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber di seluruh Android untuk memprediksi informasi pengguna yang ingin terlihat oleh pengguna pada waktu tertentu. Kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada fitur pencarian Google Voice.

Google Play Store

Adalah toko utama aplikasi utama Android, di mana pengguna dapat men-download dan menginstal perangkat lunak seperti aplikasi dan game. Google Play Store juga rumah bagi konten tambahan, termasuk film, buku, musik, dan acara TV. Umumnya disebut sebagai “Play Store” atau “Google Play.”

GPS

Singkatan dari Global Positioning System. Sebuah teknologi yang digunakan di smartphone dan pembantu navigasi yang menggunakan jaringan satelit untuk menentukan lokasi perangkat tersebut.

GSM

Singkatan dari Global System for Mobile Communications. Sebuah standar komunikasi suara dan data selular yang digunakan oleh sebagian besar operator selular, umumnya dibedakan dari CDMA.

Hard Reboot

Juga disebut sebagai hard reset. Tindakan menekan dan menahan tombol power (atau tombol power dan volume bawah pada perangkat Samsung) untuk memaksa perangkat untuk reboot ketika perangkat lunak mengalami gangguan.

Hibernate

Sebuah istilah yang dipopulerkan oleh aplikasi Greenify, yang sebagian menonaktifkan aplikasi lain ketika mereka sedang tidak digunakan untuk menghemat baterai. Android Marshmallow mencakup fitur serupa yang disebut App Standby, dan Hibernate sering digunakan dalam referensi untuk tindakan yang dilakukan oleh fitur ini juga.

Holo

Bahasa antar muka pertama Android, yang berisi latar belakang gradien gelap, warna aksen biru muda, dan tab antarmuka aplikasi.

Honeycomb

Nama kode untuk rilis tablet Android (versi 3.0 melalui 3.2.6). Awalnya dirilis pada 22 Februari 2011.

Ice Cream Sandwich

Sering disingkat sebagai ICS. Nama kode untuk versi Android 4.0 hingga 4.0.4. Awalnya dirilis pada 18 Oktober, 2011.

IMEI

Singkatan untuk International Mobile Station Equipment Identity. Nomor unik yang diberikan untuk semua smartphone yang digunakan oleh operator untuk mengidentifikasi perangkat yang valid. Jika ponsel dilaporkan dicuri, IMEI-nya akan ditandai, yang bisa untuk mencegah ponsel terhubung ke jaringan seluler.

IPS

Adalah singkatan dari in-plane switching. Sebuah teknologi yang digunakan dalam panel display LCD yang secara drastis meningkatkan sudut pandang dan tingkat responsifitas yang tinggi.

Jelly Bean

Nama kode untuk versi Android 4.1 hingga 4.3.1. Awalnya dirilis pada tanggal 9 Juli 2012.

Kernel

Base-level software di Android dan sistem berbasis Linux lainnya yang menerjemahkan permintaan dari aplikasi ke dalam kode perangkat keras seperti CPU. Sebuah kernel dapat diinstal oleh pengguna untuk menambahkan fungsionalitas dan membawa kontrol hardware tambahan seperti double-tap.

KitKat

Nama kode untuk versi Android 4.4 hingga 4.4.4. Awalnya dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013.

Launcher

Home screen pada perangkat Android, yang digunakan untuk membuka dan mengelola aplikasi. Launcher default pada perangkat apapun dapat digantikan dengan hanya menginstal sebuah launcher pihak ketiga dari Google Play Store.

Linux

Sistem operasi desktop Open source diciptakan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds yang nantinya akan berfungsi sebagai dasar yang di atasnya adalah Android.

Live Wallpaper

Suatu jenis wallpaper untuk perangkat Android yang menampilkan gambar non-statis di layar home screen. Umumnya dipasang sebagai aplikasi dari Google Play Store Google, banyak live wallpaper mampu merespons sentuhan, mendeteksi gerakan, perulangan video, atau menyeret antara beberapa gambar.

Lock Screen

Menu yang membutuhkan interaksi sebelum pengguna dapat mengakses perangkat lunak utama pada perangkat mereka. Lock Screen digunakan untuk mencegah perangkat touchscreen dari sengaja mengaktifkan dalam saku, misalnya, tetapi juga dapat digunakan untuk mengamankan perangkat Android dari akses yang tidak diinginkan dengan meminta pengguna untuk memasukkan pola, PIN, atau password.

Lollipop

Nama kode untuk versi Android 5.0 hingga 5.1.1. Awalnya dirilis pada tanggal 12 November 2014, Lollipop menandai ditinggalkannya Holo sebagai bahasa desain Android.

LTE

Singkatan dari Long-Term Evolution dan digunakan secara bergantian dengan istilah 4G atau 4G LTE. Sebuah standar komunikasi yang dibuat pada tahun 2004 dengan niat menjadi platform masa depan untuk mobile dengan kecepatan koneksi data lebih cepat.

Manufacturer
Perusahaan yang secara fisik merakit dan memasarkan perangkat. produsen Android umum termasuk Samsung, LG, HTC, Motorola, Huawei, Sony, Blackberry, ASUS, ZTE, dan OnePlus.

Marshmallow
Nama kode untuk versi terbaru dari Android (6,0). Awalnya dirilis pada tanggal 5 Oktober 2015.

Material Design
Android saat ini memiliki filosofi design interface, menggantikan desain Holo sebelumnya.

MEID
Singkatan untuk Mobile Equipment Identifier. Mirip dengan IMEI, hanya format lain untuk nomor seri yang unik yang ditugaskan untuk smartphone sehingga carrier dapat mengidentifikasi unit khusus pada jaringan.

MMS
Singkat untuk Multimedia Messaging Service. Sebuah jenis pesan teks yang dapat berisi media seperti foto dan multimedia lainnya.

Mobile data
Koneksi internet yang disediakan oleh operator Anda yang umumnya tersedia di semua area dari negara Anda.

MTP
Singkat untuk Media Transfer Protocol. Sebuah standar yang memungkinkan untuk transfer file media dari satu perangkat ke perangkat lainnya. MTP digunakan di sebagian besar perangkat Android yang modern ketika terhubung melalui USB ke komputer atau perangkat eksternal, dan merupakan perluasan dari standar PTP.

Nandroid Backup
Juga sering disebut sebagai Nandroid atau nandroid. Sebuah snapshot dari seluruh software perangkat seperti saat ini yang sedang digunakan. Nandroid backup dibuat dalam custom recovery dan dapat dikembalikan jika terjadi kesalahan penting untuk membawa perangkat lunak perangkat kembali ke keadaan yang tepat itu di saat backup diciptakan.

Nexus
Adalah nama untuk perangkat Android milik Google dengan bekerjasama dengan beberapa manufacturer. Perangkat Nexus juga dirilis sebagai perbandingan hardware untuk menjalankan Sistem Operasi Android terbaru. Nexus juga dikenal sebagai Flagship kelas atas dengan spesifikasi tinggi memiliki harga cukup rendah.

NFC
Singkatan untuk near field communication. Sebuah standar komunikasi nirkabel dengan daya rendah yang digunakan untuk Android Pay dan Android Beam.

Notification Panel
Juga biasa disebut tray pemberitahuan atau bayangan pemberitahuan. Opsi ini dapat diakses dengan menggeser satu jari turun dari status bar, dan menunjukkan semua pemberitahuan baru, seperti pesan dan panggilan tak terjawab. Anda dapat menggeser ke samping untuk membersihkannya. Indikator akan muncul di status bar setiap kali ada notifikasi baru yang tersedia.

Now on Tap
Sebuah fitur baru dari Android Marshmallow yang memindai seluruh layar di aplikasi apapun untuk menemukan kata kunci dan memberikan informasi yang relevan di Google Search tentang topik yang ditemukan. Dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol home.

Odin
Sebuah program perangkat lunak untuk komputer Windows yang dapat digunakan untuk menginstal firmware pada perangkat Samsung melalui koneksi data USB.

Open Source
Software dengan basis kode yang dapat diakses secara bebas untuk umum dan berlisensi untuk digunakan kembali dan modifikasi oleh pengembang lain. Kebanyakan perangkat lunak open source gratis untuk konsumen dan berada di bawah General Public License (GPL), yang memungkinkan setiap pengembang untuk memodifikasi dan mendistribusikan karya asli dengan hanya mematuhi lisensi awal dari perangkat lunak. Android sendiri merupakan software open source, dengan basis kode yang diterbitkan di AOSP.

OEM
Singkat untuk Original equipment manufacturer. Digunakan untuk merujuk ke perangkat lunak, firmware, hardware, atau aksesoris yang diciptakan oleh produsen perangkat.

OTA
Singkatan dari over the air. Istilah umumnya digunakan dalam referensi untuk pembaruan firmware yang dikirim ke perangkat Anda secara nirkabel dari pabrikan perangkat. Jika perangkat sudah di-root, update OTA biasanya akan gagal.

OxygenOS
Sebuah versi Android yang disesuaikan dibuat oleh produsen OnePlus untuk digunakan pada smartphone mereka.

Pattern
Lapisan keamanan tambahan yang dapat ditambahkan ke Lock screen Android untuk mencegah akses yang tidak diinginkan, yang mengharuskan pengguna untuk menyeret jari mereka untuk menghubungkan titik-titik dalam pola yang telah ditentukan.

PIN
Kependekan untuk Personal Identification Number. Seperti pola tersebut diatas, PIN digunakan sebagai lapisan tambahan keamanan di layar kunci Android, dan mengharuskan pengguna untuk memasukkan nomor 4 + digit untuk memverifikasi identitas mereka.

Persistent Notifications
Ada muncul di panel notifikasi dan pemberitahuan bahwa Anda tidak dapat membersihkannya saat digunakan. Misalnya, setiap kali Anda terhubung melalui USB ke komputer Anda, akan ada notifikasi berkelanjutan memberitahu.
PPI
Singkat untuk piksel per inci. Sebuah pengukuran yang digunakan untuk menentukan kepadatan piksel pada layar. Perangkat dengan sejumlah PPI yang lebih tinggi umumnya akan memiliki layar dan gambar lebih tajam dan detail.

PRL
Singkat untuk Preferred Roaming List. Sebuah database yang digunakan oleh operator CDMA untuk mengatur urutan roaming jaringan.

PTP
Singkatan Picture Transfer Protocol. Masih berorganisasi dengan MTP, PTP masih digunakan sebagai metode koneksi sekunder untuk perangkat Android yang bekerja ketika driver MTP yang rusak atau tidak tersedia. Banyak seperti MTP, PTP digunakan di perangkat Android ketika terhubung melalui USB ke komputer atau perangkat eksternal sebagai metode untuk mentransfer gambar tanpa perlu menginstal driver apapun di PC.

Quick settings
Sebuah menu pull-down diakses dari lock screen, home screen, dalam aplikasi, dan cukup banyak di tempat lain, yang berisi pengaturan cepat, matikan atau menghidupkan beberapa pengaturan umum seperti Wi-Fi , Bluetooth, rotasi layar, dll. pada perangkat yang lebih baru, dapat ditemukan dengan menggesek dua jari turun dari status bar.

Recovery mode
Sebuah menu perangkat lunak yang dapat diakses melalui bootloader Android, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan seperti mengeksekusi Factory reset. Menginstal custom ROM atau backup semua data.

ROM
Ketika digunakan dalam referensi untuk sebuah emulator, ROM adalah file yang berisi semua kode dari konsol game. ROM Juga digunakan sebagai sinonim untuk custom ROM (lihat di atas).

Root
Secara teknis, Root adalah folder paling atas dalam direktori file perangkat berbasis Linux, di mana semua file sistem operasi disimpan. Karena berkaitan dengan Android, meskipun, akar mengacu pada akses pengguna dalam direktori paling atas, berarti mereka dapat memodifikasi file-file ini dengan aplikasi rooted untuk membuat perubahan pada sistem operasi.

Secara default, perangkat Android tidak memberikan akses root, tetapi banyak cara yang tersedia yang dapat memberikan akses root untuk pengguna. Menggunakan solusi seperti untuk mendapatkan akses ke direktori root disebut sebagai “rooting.”

SDK
Singkat untuk Software Development Kit. Karena berkaitan dengan Android, SDK adalah seperangkat alat seperti perpustakaan kode, debugger, dan emulator handset yang dapat dijalankan pada Windows, Mac, atau Linux untuk memfasilitasi penciptaan aplikasi Android oleh pengembang. Sementara SDK umumnya dimaksudkan untuk digunakan oleh pengembang, pengguna akhir dapat menginstal perangkat lunak pada komputer rumah mereka untuk mengeksekusi ADB dan Fastboot.

Sense
Sebuah versi bertema Android yang mencakup fitur tambahan yang tidak ditemukan di AOSP. Digunakan oleh HTC di semua perangkat nya.

Server-Side Update
Praktek yang umum digunakan oleh Google dan beberapa pengembang perangkat lunak lain di mana perubahan besar untuk antarmuka aplikasi ini diaktifkan dari jarak jauh.

Services
Bagian dari sebuah aplikasi Android yang tidak menyediakan antarmuka pengguna, tetapi dapat melakukan tindakan di background bahkan jika pengguna beralih ke aplikasi lain. Services digunakan oleh aplikasi untuk secara diam-diam memperbarui informasi seperti notifikasi, atau untuk menjaga koneksi data untuk aplikasi, semacam BBM misalnya.

Sideload
Proses instalasi aplikasi dengan men-download atau mentransfer file APK ke perangkat Anda. Hal ini berbeda dengan metode instalasi aplikasi normal menggunakan Google Play Store.
SIM
Singkatan untuk subscriber identification module. Sebuah chip elektronik kecil yang disediakan oleh operator Anda yang dapat dimasukkan dalam jaringan GSM atau CDMA.

SMS
Singkat dari Short Message Service. Protokol yang digunakan oleh operator untuk memastikan bahwa pesan teks sederhana yang kompatibel dengan telepon atau jaringan. MMS merupakan perluasan dari protokol SMS yang memungkinkan untuk memasang media untuk pesan teks.

Soft Reboot
Juga disebut sebagai soft reset. Sebuah fungsi yang tersedia pada beberapa custom ROM dan melalui aplikasi root yang bisa memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk reboot perangkat dengan hanya restart Android.

Staged Rollout
Sebuah praktik yang digunakan oleh Google (dan pengembang perangkat lunak lainnya) saat menerbitkan pembaruan untuk aplikasi atau firmware. Alih-alih mengeluarkan update untuk semua pengguna sekaligus, Google hanya akan mengirimkan versi baru untuk dicoba oleh beberapa pengguna, Google akan mendeteksi bug dari software tersebut samapi software benar-benar siap untuk digunakan semua orang. Jika tidak ada pengguna mengeluh tentang update menyebabkan masalah, Google kemudian akan mengirimkan versi baru untuk pengguna yang lebih banyak, kemudian ulangi proses ini sampai update tersedia untuk semua orang.

Stagefright
Media library bawaan Android, digunakan untuk membuat video, musik, dan foto.

Status bar
Bar di bagian atas hampir setiap perangkat Android menampilkan waktu, konektivitas Wi-Fi, sinyal seluler, serta indikator untuk aplikasi, pengaturan, dan layanan. Setiap kali mereka sedang digunakan. Status bar tidak selalu terlihat tergantung pada apa aplikasi yang Anda gunakan.

Tethering
Proses menggunakan data mobile smartphone untuk menyediakan akses internet ke perangkat lain. Tethering umumnya disukai oleh operator karena dapat digunakan dengan komputer, laptop, dan perangkat non-mobile lainnya.

TouchWiz
Sebuah versi bertema Android yang mencakup fitur tambahan yang tidak ditemukan di AOSP. Digunakan oleh Samsung di semua perangkatnya.

TWRP
Singkatan dari Team Win Recovery Project. Sebuah custom recovery berbasis touch yang menawarkan kemampuan untuk menginstal dan memodifikasi custom ROM, serta menciptakan dan memulihkan backup. Anda bisa menuju ke twrp.me untuk mendownload versi terbaru TWRP untuk ponsel anda.

Vanilla Android
Sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk ke versi non-modifikasi dari Android yang ditemukan pada perangkat Nexus, atau pada ROM berbasis AOSP.

Wipe
Kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan proses menghapus semua data dari perangkat, sebagian besar identik dengan Factory reset.

Xposed Framework
Sebuah suite software yang menyuntikkan lapisan abstraksi ke dalam komponen Android yang paling dasar. Menggunakan lapisan abstraksi ini, xposed Modul dapat membuat perubahan sistem tingkat ke aplikasi dan elemen antarmuka di Android, memungkinkan untuk kustomisasi mudah dan luas oleh pengguna akhir.

Xposed Module
Aplikasi yang mengambil keuntungan dari xposed Framework untuk membuat perubahan pada aplikasi lain atau fungsi Android dasar. Memasang Modul xposed adalah yang sederhana seperti sideloading aplikasi apapun, sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat perubahan software besar seperti theming antarmuka Android atau menambahkan fungsi untuk aplikasi yang ada. 

xiaomiforum
Posting Komentar

Posting Komentar