b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Memilih Casing Untuk Komputer

 

Memilih Casing Untuk Komputer


Casing merupakan salah satu peripheral penting dalam sebuah PC sebagai media untuk menempatkan komponen hardware dari komputer.

Ada beberapa hal penting sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah casing untuk PC yang akan anda gunakan kedepannya, Saat ini banyak merk casing yang beredar dipasaran dengan model dan harga yang bervariasi. Jika dulu kita sering menjumpai komputer dengan casing model dekstop (tidur), untuk saat ini casing model tower (berdiri) bisa dibilang lebih populer.

Memilih casing yang baik adalah salah satu solusi untuk mendapatkan casing yang memiliki performa yang berkualitas. Berikut ini tips apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah casing komputer.



1. Pastikan merk casing dan powersupply sama

Perlu kita ketahui bahwa casing komputer itu satu paket dengan power supply. Sehingga jika Anda membeli casing dazumba pastikan power supply nya juga dazumba.


2. Perhatikan sirkulasi udara

Sebuah casing harusnya  memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan saat komputer bekerja ada konversi energi sampingan yaitu panas. Jika panas ini tidak bisa keluar dari perangkat komputer di dalam casing dengan baik maka akan merusak komponen yang ada didalamnya. Salah satu contoh kasus yang sering terjadi adalah membuat komputer hang atau sering restart sendiri. Jadi pastikan casing yang ingin kamu beli memiliki sirkulasi udara yang memadai.


3. Bahan casing berkualitas

Pernahkah anda mendengar istilah casing kaleng krupuk? Casing kaleng krupuk bisa dikatakan”casing yang penting bisa memuat hardware“dan dari segi bahan memiliki kualitas yang buruk. Memang tidak ada salahnya memilih casing jenis ini, namun anda juga harus memperhatikan dari segi keamanan. Beberapa casing seperti ini terkadang masih mengalirkan aliran listrik sehingga membuat kita terkena loncatan arus listrik (kesetrum). Perlu diketahui bahwa casing yang baik juga harus memiliki sistem grounding yang baik. 


4. Sesuaikan ukuran casing dengan kebutuhan

Pastikan saat membeli casing, anda sudah memiliki bayangan untuk rancangan alat yang akan anda pasang didalamnya. Ukuran casing yang terlalu kecil akan menyebabkan peralatan menjadi berjubel didalam sehingga mengganggu sirkulasi udara.


5. Pastikan kondisi casing dalam keadaan baik

Periksa kondisi casing sebelum anda bawa pulang.Terkadang saat membeli ditoko, anda akan langsung ambilkan casing yang berada didalam kardus. Untuk menghindari perbedaan model yang diberikan dan untuk mengetahui apakah casing masih mulus atau sudah ada yang penyok ada baiknya anda meminta seorang staff untuk mengecek terlebih dahulu jika diperbolehkan.

Jika anda membeli secara online, pastikan anda cukup detail membaca deskripsi produk yang anda beli dan konsultasikan dengan customer service untuk urusan pengiriman.


tips-komputercom

Posting Komentar

Posting Komentar