b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Perbedaan Sistem Android dan iOS

 

Perbedaan Sistem Android dan iOS
iOs or Android

Zaman Sekarang tentunya kita semua tidak asing lagi dengan istilah smartphone, karena menurut saya bukanlah suatu bahan mewah lagi tapi sepertinya sudah kebutuhan untuk mengakses beragam informasi juga mengabadikan moment penting sehari hari.

Nah, tahukah kamu kalau smartphone yang kamu gunakan itu juga punya sistem operasi layaknya pada komputer. Sistem pada smartphone umumnya menggunakan Android dan juga iOS yang manakah lebih baik.

Berikut ini adalah perbedaan antara sistem operasi Andorid dan iOS :

 

iOS

IOS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Inc. untuk perangkat seluler. IOS digunakan di banyak perangkat mobile untuk Apple seperti iPhone, iPod, iPad dll. IOS banyak digunakan dan hanya tertinggal di belakang Android dalam hal popularitas.

Arsitektur iOS berlapis. Ini berisi lapisan perantara antara aplikasi dan perangkat keras sehingga mereka tidak berkomunikasi secara langsung. Lapisan bawah di iOS menyediakan layanan dasar dan lapisan yang lebih tinggi menyediakan antarmuka pengguna dan grafik yang canggih. 

 

Android

Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google untuk sistem seluler. Ini didasarkan pada kernel Linux dan terutama dirancang untuk perangkat layar sentuh seperti tablet dan smartphone. 

 

 

Persamaan Antara iOS dan Android

Beberapa kesamaan antara iOS dan Android adalah sebagai berikut -

  • Fungsi dasar di iOS dan Android sama. Baik ponsel iOS dan Android memiliki panggilan, pesan, penelusuran web, obrolan video, peta, perintah suara, dll.
  • Antarmuka pengguna iOS dan Android memiliki banyak kesamaan. Kedua dukungan ini menggesek, mengetuk, mencubit dan memperbesar dll pada layar ponsel mereka.
  • Ada bilah status di perangkat iOS dan Android dan menawarkan informasi serupa seperti masa pakai baterai, waktu, pemberitahuan aplikasi, wifi, dll.
  • Jaringan seluler 4G dapat dinikmati di perangkat iOS dan Android. Ini sangat penting karena jaringan seluler sangat penting untuk berselancar internet.
  • Pengaturan privasi adalah yang terpenting di iOS dan Android. Pengguna diberikan izin aplikasi karena ini mengurangi risiko kebocoran data.

 

Perbedaan Antara iOS dan Android

Beberapa perbedaan antara iOS dan Android adalah sebagai berikut -

  • iOS adalah sistem tertutup sedangkan Android lebih terbuka. Pengguna hampir tidak memiliki izin sistem di iOS tetapi di Android, pengguna dapat menyesuaikan ponsel mereka dengan mudah.
  • Perangkat lunak Android tersedia untuk banyak produsen seperti Samsung, LG dll. Dan ini dapat menyebabkan beberapa masalah kualitas pada ponsel yang lebih murah. Namun, iOS dikontrol ketat oleh Apple dan tidak ada masalah kualitas karena hanya ada beberapa model.
  • Aplikasi Android diperoleh dari Google Play sedangkan aplikasi iOS tersedia di toko aplikasi Apple.
  • Integrasi dengan perangkat lain lebih baik di Apple iOS dibandingkan dengan Google Android.
  • Ada asisten suara yang berbeda untuk iOS dan Android yaitu Siri dan Asisten Google. Asisten Google jauh lebih kuat dari Siri.
  • Kecepatan berjalan perangkat iOS tetap konsisten dengan waktu. Berbeda dengan ini, kinerja perangkat Android dapat menurun seiring waktu. 

 
 
 Itulah beberapa perbedaan dan juga persamaan antara sistem operasi Android dan iOS pada Smartphone yang kita gunakan.. semoga menambah wawasan kita semua sebelum menentukan pilihan untuk membeli smartphone

 

 

sumber : tutorialspoint

1 komentar

1 komentar

  • Izuko
    Izuko
    22 Desember
    Waahh skrg jadi tau dah mana yg cocok buat ng game, skrg msh parno akhirnya main game full dah ahhahahahhah gara2 satu game ini nih www.Econw.co tapi emg seru bet sih makanya gue ketagihan wakowakowako
    Reply