b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Bersiap Menyambut Gerhana Matahari Total 2017

Bersiap Menyambut Gerhana Matahari Total 2017



Bersiap Menyambut Gerhana Matahari Total 2017
Bersiap Menyambut Gerhana Matahari Total 2017


Gerhana Matahari total bakal terjadi satu tahun lagi, diperkirakan pada 21 Agustus 2017. Namun pernak-pernik wisatanya sudah dipersiapkan sedari sekarang, terutama oleh pegiat wisata di Negeri Paman Sam.

Laman Travel and Leisure menyebutkan, persiapan itu sudah dimulai jauh-jauh jari agar memudahkan perjalanan sebelum menjadi saksi mata peristiwa alam yang langka: saat posisi Bulan menghalangi Matahari yang menyebabkan sebagian permukaan Bumi gelap total selama beberapa menit.

Tawaran tur Gerhana Matahari total ini tentu saja memikat para pejalan yang menyukai sains, fotografi dan peristiwa alam. Mereka mulai melakukan reservasi penginapan dan transportasi, sebab bukan mustahil jutaan penggemar gerhana—ecliptomaniac—bakal melakukan hal serupa


Gerhana Matahari total bakal menutupi sebagian Amerika Serikat, dari Oregon sampai South Carolina. Namun wilayah lain juga kebagian, walau tidak total. Demi memudahkan para pejalan, laman Travel and Leisure menyusun sepuluh cara menempuh lokasi untuk melihat Gerhana Matahari total.

Tak hanya memberitahukan lokasinya, Travel and Leisure juga memberikan catatan waktu terjadinya Gerhana Matahari total, plus durasi yang tidak lebih dari tiga menit. Terlepas dari lokasi, para pejalan juga harus memperhatikan cuaca cerah dan menyiapkan kacamata khusus yang aman.

Selain melewati Route 66 yang legendaris untuk mencapai St. Clair, Missouri, Travel and Leisure juga merekomendasikan Painted Hills di Oregon. Lokasi ini memang menjadi incaran para fotografer. Terbayang, suasana dramatis kala gerhana memayungi perbukitan warna-warni ini.

Tak kalah mengasyikkan bila melihat Gerhana Matahari total di Clingman's Dome Observation Tower di Great Smoky Mountains National Park. Bangunan tinggi yang dirancang oleh Bebb dan Olson pada 1959 ini meleluasakan mata melihat panorama 180 derajat di kawasan hutan.

Dan masih banyak kawasan lain di Illinois, Union County sampai Carbondale, yang siap menjadi tuan rumah bagi para pejalan yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari total. Informasi selengkapnya bisa diulik di buku USA Eclipse 2017 Travel Guide yang ditulis Jamie Carter.



cnnindonesia
Posting Komentar

Posting Komentar