b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Daftar Komponen Dalam Hard Disk

Daftar Komponen Dalam Hard Disk
Daftar Komponen Dalam Hard Disk




Perangkat media penyimpanan pada komputer dikenal dengan nama harddisk. Harddisk ini tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas mulai dari puluhan Gigabyte hingga saat ini sudah mencapai satuan Terabyte. Perkembangan pada hardisk dari jaman dahulu hingga sekarang memang tidak terlalu banyak. Perkembangannya ini hanya pada kapasitas dan kecepatan saja, sedangkan bentuknya masih tetap sama. Tapi, untuk hardisk terbaru saat ini yang bernama SSD sudah sangat jauh berbeda, mulai dari bentuk, ukuran, hingga komponen dalamnya. Namun, saya tidak membahas perkembangan dari harddisk, melainkan membahas mengenai komponen atau bagian dari hardisk komputer seperti di bawah ini.




Komponen Dari Hardisk Komputer oleh tekno segiempat


  1. Cover Mounting Holes (Cover not shown)
Bagian ini pasti selalu ada pada semua perangkat. Bagian harddisk ini berfungsi sebagai lubang sekrup untuk penutup bagian komponen dalam harddisk.
  1. Base Casting
Merupakan case dalam untuk menempatkan rangkaian dari bagian – bagian atau komponen harddisk. Bahan dari komponen ini adalah logam solid yang memiliki cetakan sesuai dengan komponen yang akan dipasang.
  1. Actuator Arm
Komponen hardisk yang berfungsi sebagai lengan yang menggerakkan head. Bahan dari Actuator Arm ini terbuat dari logam ringan namun sangat kuat.
  1. Spindle
Fungsinya seperti dinamo pada bagian tengah piringan hardisk, yang akan memutar piringan hardisk saat harddisk tersebut difungsikan.
  1. Slider (and Head)
Komponen dari hardisk yang berfungsi sebagai alat untuk membaca dan menulis data ke dalam piringan magnetic.
  1. SCSI Interface Connector, (ATA/IDE)
Port konektor yang menghubungkan antara hardisk dan motherboard. Konektor dari haddisk ini terbagi atas ATA dan IDE.
  1. Jumper Pins
Komponen yang satu ini berfungsi sebagai komponen pengatur dalam mekanisme pembacaan harddisk pada komputer.
  1.  Power Connector
Sebuah port yang menghubungkan antara hadisk dengan power supply sebagai sumber daya listrik.
  1. Tape Seal
Segel untuk jaminan garansi dari harddisk, biasanya segel ini dikeluarkan langsung dari vendor harddisk tersebut.
  1. Ribbon Cable (Attaches Heads to Logic board)
Kabel penghubung yang sangat tipis, hampir mirip dengan kabel fleksibel pada ponsel lipat atau pada laptop. Fungsinya dalah sebagai penghubung antara papan PCB (logic) dengan komponen head dalam harddisk.
  1. Platters
Komponen inilah yang sangat berperang penting dalam penyimpanan data pada harddisk. Komponen yang terbuat dari logam magnetik yang berbentu piringan seperti CD/DVD ini sangatlah sensitif. ANda harus berhati – hati jika membuka bagian ini, sedikit saja goresan atau debu, maka hardisk Anda pasti akan mengalami bad sector. Untuk hardisk jaman sekarang platters ini sudah tidak banyak digunakan. Seperti pada SSD dan flashdisk hanya menggunakan chip saja yang lebih tahan lama dan aman.
  1. Circuit Board
Komponen ini merupakan papan rangkaian elektronik yang terletak pada bagian bawah harddisk, yang berfungsi untuk mengaktifkan komponen magnetik harddisk tersebut.


segiempat
2 komentar

2 komentar