b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Penyakit Aneh Pengganggu Tidur


Penyakit Aneh Pengganggu

Penyakit Aneh Pengganggu Tidur

Kurangan tidur, biasanya akan mengalami gejala lemas, kurang konsentrasi dan kurang darah.
Apakah tidur anda sudah nyenyak? Kalau belum, mungkin level stress anda cukup tinggi hingga badan anda tidak bisa merespon rasa kantuk. Namun, ada juga beberapa kelainan atau penyakit yang kita alami ketika tidur.Berikut Ini beberapa Penyakit Aneh Yang Seing Mengganggu Tidur Anda

1. Bruxisme

Bruxisme adalah sebuah aktifitas menggesek-gesekkan gigi atas dengan gigi bawah ketika tidur. Ini adalah penyakit paling umum yang diderita banyak orang tanpa di sadari. Di Amerika Serikat, data menunjukkan setidaknya ada 40 juta orang yang mengidap bruxisme.

bruxisme
Anda tidak akan menyadari apakah anda melakukan ini dalam tidur atau tidak. Anda akan sadar ketika tubuh anda memberi gejala seperti sakit rahang, pusing dan bentuk gigi yang menjadi aneh. Tidak ada obat untuk penyakit ini kecuali dengan memakai pelindung mulut ketika tidur.

2. Sindrom Restless-Leg

Tampaknya hal ini memang cukup sepele, namun sudah bisa dikategorikan ke dalam “kelainan.” Dalam kelainan ini, si penderita adalah orang yang selalu menggerakkan kaki dalam tidurnya. Dalam beberapa kasus, si penderita akan menggesek-gesekkan kakinya di tempat tidur.
Restless leg
Kelainan ini memang tidak berbahaya. Namun, jika anda tidur satu ranjang dengan seseorang, bayangkan betapa terganggunya orang tersebut. Anda mungkin saja akan menendang atau menyakiti orang tersebut tanpa menyadarinya.

3. Sleep Apnea

Ini adalah kelainan yang sangat menyiksa. Beberapa orang dengan sindom ini akan tidur dan kesulitan bernapas dalam tidurnya. Mungkin anda pernah terbangun dari tidur dan merasa sesak. Itu adalah salah satu gejala dari sleep-apnea.

Sleep apnea
Kelainan ini cukup berbahaya. Karena jika kesulitan bernapas dalam jangka waktu lama, hal ini akan menyebabkan kematian. Untuk penderita sleep apnea yang sudah akut, biasanya mereka akan diberi selang oksigen ketika tidur, agar tidak kesulitan untuk menghirup oksigen.

4. Narkolepsi

Ini adalah sebuah kelainan yang sangat mengganggu. Penderita narkolepsi akan tertidur beberapa kali dalam sehari, di luar kendalinya. Dalam kasus-kasus tertentu, seorang penderita narkolepsi bahkan bisa tertidur ketika sedang makan.
Narkolepsi
Narkolepsi biasanya berhubungan dengan emosi. Ada penderita narkolepsi yang akan tertidur jika sudah sangat senang, sangat sedih atau sangat bersemangat. Hingga saat ini, penyebab dan pengobatan untuk penderita narkolepsi masih menjadi misteri.

5. Melindur / Mengigau

Melindur atau berbicara ketika sedang tidur adalah sesuatu yang sering kita temukan. Kita mungkin berpikir bahwa hal ini adalah wajar dan terkadang lucu. Namun, tahukah anda jika sudah terlalu sering terjadi, melindur bukan lagi hal lucu melainkan sebuah penyakit?

Melindur
Penyakit ini timbul akibat seseorang yang membicarakan apa yang dia pikirkan atau alami ketika dia bermipi. Hal ini dikaitkan dengan kondisi emosional yang kurang stabil. Anda juga mungkin sedang stress berat jika sering melindur. Hingga saat ini masih belum ada obat untuk kelainan satu ini.
Demikian tadi lima penyakit yang mungkin sering anda alami ketika tidur. Kebanyakan dari penyakit ini memang jarang kita sadari, namun, sebelum terlambat sebaiknya kita mengeceknya. Mintalah orang terdekat anda untuk menyelidiki kebiasaan apa yang anda lakukan ketika tidur.



Jika ada dari salah satu penyakit di atas yang anda alami, dan hal tersebut cukup mengganggu, tidak ada salahnya mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter. (HLH)
Bruxisme, Dengkur, Melindur, Narkolepsi, Ngorok, Pengganggu Tidur, Penyakit Aneh, Sindrom Restless-Leg, Sleep Apnea
Posting Komentar

Posting Komentar