b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM
Bookmark

Apa itu Teknologi Hyper-Threading pada Processor


Apa itu Teknologi Hyper-Threading pada Processor



Kinerja dari sebuah Processor ditentukan oleh beberapa faktor seperti Arsitektur, Besarnya Chace, Proses Pabrikasi dan Teknologi yang digunakan. Salah satu teknology dalam Processsor yang masih giat dikembangkan Intel adalah teknology Hyper-Threading. Hyper-Threading Technology (HT Technology) adalah teknologi yang bertujuan agar prosesor dapat bekerja lebih efisien. Teknologi ini memungkinkan prosesor untuk mengeksekusi dua seri, atau benang, instruksi pada saat yang sama, sehingga meningkatkan kinerja dan respon sistem.

Hyper-Threading Technology (HT Technology) adalah teknologi yang bertujuan agar prosesor dapat bekerja lebih efisien, dengan teknologi ini memungkinkan prosesor untuk dapat mengeksekusi beberapa thread atau instruksi pada saat bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja dan respon sistem. Dengan menggunakan teknologi hyper-treading ini akan menggandakan inti (core) yang ada pada sebuah processor. Jadi misalkan sebuah Processor dual core yang menggunakan teknologi ini akan dideteksi oleh sistem sebagai sebuah processor quad core (4 inti). Penggandaan inti (core) processor ini tentu saja hanya bersifat logical, karena secara fisik core processor tersebut tetap hanya ada dua.

Untuk dapat menjalankan teknology Hyper-Threading dibutuhkan hardware lain yang mendukung seperti BIOS dan Chipset pada motherboard, maupun dukungan dari sistem operasi yang digunakan. Untuk sistem operasi yang sudah mendukung teknology Hyper-Threading ini dimulai dari Windows XP, Windows 2000 dan serta GNU/Linux versi 2.4.18 ke atas. Untuk OS seperti Windows 7 dan Windows 8 tentu saja sudah mendukung teknologi tersebut.


cara kerja teknology hyper-threading pada processor


Intel HT Technology tersedia pada beberapa prosesor Intel® Core™ generasi sebelumnya, keluarga prosesor Intel® Core™ generasi ke-4, dan keluarga prosesor Intel® Xeon®. Daftar Processor intel yang mendukung teknology ini dapat dilihat di Tkp

Lalu apa keuntungan dengan dapat digandakannya inti processor dengan teknologi Intel HT ini? Sederhananya dengan core lebih banyak maka sejumlah thread dapat berjalan pada masing-masing core tersebut sehingga kinerja Processor pun akan menjadi semakin cepat. Teknologi Intel HT ini akan sangat bermanfaat pada komputer multimedia, khususnya untuk mempercepat proses encoding, decoding dan rendering file multimedia.

Hyper- Threading Technology menawarkan beberapa keuntungan, diantaranya:
  • Peningkatan kinerja sistem secara keseluruhan
  • Peningkatan jumlah pengguna platform dapat mendukung
  • Peningkatan throughput, karena tugas-tugas berjalan pada thread yang terpisah
  • Peningkatan waktu reaksi dan respon
  • Peningkatan jumlah transaksi yang dapat dieksekusi
  • Kompatibilitas dengan software IA - 32 yang sudah ada
Demikianlah sekilas tentang teknology hyper-theading ini, dimana Intel terus mengimplementasikan teknologi tersebut pada processor buatannya, mulai dari processor server, desktop dam mobile juga pada processor smartphone dan tablet. Berdasarkan beberapa eksperiment, Sebuah Processor Intel Dual Core dengan fitur Hyper-Threading kinerjanya bisa lebih baik daripada sebuah Processor Quad Core tanpa Hyper Threading.



 Sumber
Posting Komentar

Posting Komentar